Rabu, 03 Jun 2020
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis

Akibat Pandemi, Pesanan Kue Online Merosot

22 Mei 2020, 19: 05: 28 WIB | editor : I Putu Suyatra

Akibat Pandemi, Pesanan Kue Online Merosot

SEPI ORDERAN: I Gusti Agung Wahyu Cakra saat menggarap kue pesanan. (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Bisnis yang digarap secara online memang sangat terbuka mendulang pundi-pundi rupiah. Jika digarap dengan serius maupun promosi tertentu, produk yang dijual juga semakin dikenal. Namun, ada kalanya bisnis online ini mengalami masa surut, contohnya karena pandemi Covid-19 ini. Salah satu pebisnis yang mengalami penurunan omset di masa pandemi ini adalah bisnis kue.

I Gusti Agung Wahyu Cakra, pemuda asal Denpasar yang merupakan tamatan D-III Tata Boga di STPBI Bali ini merasakan surutnya pesanan online kue nya. "Dulu sebelum pandemi, omsetnya bisa Rp 3-4 juga per bulannya. Sekarang, gak sampai Rp 1 juta," ucapnya kepada Bali Express (Jawa Pos Grup), Jumat (22/5).

Dijelaskannya, penurunan itu memang beralasan, karena bisnis ini yang memesan kebanyakan untuk pesta ulang tahun, hari jadi pernikahan dan peringatan lainnya. Berhubung pemerintah menghimbau masyarakat tidak boleh mengadakan atau berkumpul dalam keramaian, maka bisnisnya juga kena dampaknya. 

"Pernah juga, ketika himbauan itu diinformasikan oleh pemerintah, costumer yang sudah memesan tiba-tiba membatalkan. Seperti orderan untuk anak-anak yang merayakan ulang tahun di sekolahnya. Apalagi kan sekolah sekarang diliburkan," bebernya. 

Untuk harga sendiri, kata pria yang akrab disapa Gung Wahyu ini bervariasi mulai Rp 40-65 ribu. Mengingat memakai sistem online, calon pembeli mesti memesan lebih dahulu atau di dunia usaha disebut Pre-Order (PO). "Supaya kue lebih fresh, biasanya saya membuatnya H-1 dari hari pengambilan. Kebetulan saya dibantu juga sama pacar saat proses pembuatan," terangnya. 

Mengingat ini usaha rumahan, ia sempat merasa kelimpungan menghadapi situasi seperti sekarang. "Setidaknya setiap bulan ada yang memesan, meskipun tidak sebanyak dulu sebelum pandemi," tandasnya.

(bx/dip/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news