Sabtu, 11 Jul 2020
baliexpress
Home > Enjoy Bali
icon featured
Enjoy Bali

Social Distancing, Isi dengan Rock Balancing

25 Mei 2020, 10: 22: 16 WIB | editor : I Putu Suyatra

Social Distancing, Isi dengan Rock Balancing

BENING: Air bening mengalir di Tukad Bubuh, Desa Adat Lepang, Banjarangkan, Klungkung, Bali. (I KETUT ARI TEJA/BALI EXPRESS)

Share this      

SEMARAPURA, BALI EXPRESS - Dalam situasi social distancing, terkait covid -19, bisa diisi dengan beragam aktivitas. Asalkan tidak membuat kerumunan. Aktivitas unik dilakukan oleh dua anak di Desa Adat Lepang, Banjarangkan, Klungkung, Bali. Yaitu Radyasta dan Made Darren.

Mereka memilih bermain di Tukad (Sungai) Bubuh. Mereka menumpuk batu, menjaga keseimbangan agar bisa tinggi. Mungkin mereka tidak tahu, aktivitas itu sebenarnya masuk kategori seni menumpuk batu yaitu Rock Balancing. Seni yang dianggap mengasah kesabaran dan memberikan ketenangan. Bahkan beberapa literatur menyebutkan, seni ini sangat bermanfaat untuk melatih fokus, melatih pernafasan, melatih kepekaan, berfungsi sebagai terapi, mengontrol emosi. mengajarkan optimisme dan pantang menyerah dan membuat lebih dekat dengan alam.

Bagi mereka yang penting asyik. Dan harapan mereka, tidak ada lagi pembuangan sampah ke sungai Tukad Bubuh, tidak lagi sungai ini menjadi tempat pembuangan limbah. Seperti limbah ternak dan lainnya. “Kalo saya, inginnya biar bersih. Jangan buang sampah ke sungai dan jangan buang limbah ke tukad bubuh ini,” harap Radyasta anak kelas 6 SD yang sekarang mau menginjak kelas 1 SMP.

Air bening mengalir di Tukad Bubuh, Desa Adat Lepang, Banjarangkan, Klungkung, Bali (I KETUT ARI TEJA/BALI EXPRESS)

“Kalo bening, seru main di sini. Ingin berlama lama main di Tukad Bubuh ini,” imbuh Darren.

Harapan simpel ini, mesti menjadi perhatian. Tukad Bubuh adalah satu aset bagi Klungkung, untuk bisa berkembang menjadi tempat wisata. Bahkan menjadi aset untuk kemajuan Klungkung kedepan. Asal kita semua mau menjaga. ‘Save Tukad Bubuh’.

(bx/art/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news