Sabtu, 11 Jul 2020
baliexpress
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment

Kodrat Fokus Latih Fisik, Hindari Bentrok Petarung  

25 Juni 2020, 10: 08: 00 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Kodrat Fokus Latih Fisik, Hindari Bentrok Petarung   

AA Bagus Tri Candra Arka (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali saat ini masih fokus penggenjotan fisik petarung PON Bali. Dalam tahap ini, sparing antar petarung belum diterapkan, mengingat harus adanya pembatasan fisik.

Hal itu disampaikan Manajer Tim Tarung Derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) Bali, AA Bagus Tri Candra Arka, Rabu (24/6). "Saat ini petarung masih latihan mandiri di rumah masing-masing. Minggu depan kami akan panggil semuanya dan berlatih secara terpusat," kata Tri Candra Arka. Yang menjadi fokus pihaknya saat ini masih seputar kekuatan fisik. Serta bakal menggenjot ke kecepatan pukulan dan tendangan.

Lalu, untuk sparing antar petarung, belum mengarah ke hal itu. "Paling hanya tendang maupun memukul samsak atau target. Lebih condong ke fisik dulu," tegasnya.Pihaknya menyadari jika untuk menilai seberapa progres peningkatan kekuatan dan kecepatan itu, memang dari sparing. Namun, karena pembatasan fisik, maka diurungkan untuk mengindahkan protokol kesehatan. 

"Fisik ini masih akan digenjot tim pelatih selama tiga minggu ke depan. Kalau kendala berarti sih tidak ada, karena jumlah atlet dan pelatih tidak lebih dari 20 orang dalam berlatih," ucap pria yang akrab disapa Gung Cok ini. Gung Cok yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pengprov Kodrat Bali ini menambahkan, wacana latihan di outdoor semisal di pantai memang ada. Namun, karena akses menuju pantai sekarang ini banyak ditutup, maka hal itu belum bisa dilakukan.

Latihan di pantai atau kontur tanah yang berpasir, diakui memang cocok untuk menggenjot fisik petarung. "Selain itu, supaya atlet tidak jenuh juga. Kalau latihan di luar, mereka lebih fresh dan semangat dalam latihan. Tergantung dari izin juga, karena nantinya melibatkan banyak orang. Harus mengindahkan anjuran pemerintah juga, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi," tandas Gung Cok. 

(bx/dip/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news