Sabtu, 11 Jul 2020
baliexpress
Home > Balinese
icon featured
Balinese
Pesan Kasih Bhagavad Gita

OM Vyomakesaya Namah, Rambut Surgawi Siva

Oleh Acharya Darmayasa )*

29 Juni 2020, 04: 44: 23 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

OM Vyomakesaya Namah, Rambut Surgawi Siva

Siva (istimewa)

Share this      

OM, sembah bhakti hamba kepada Siva Vyomakesa, yang rambut-Nya terurai menyebar luas di angkasa. (OM, my obeisances to Siva Vyomakeaa, Whose hair spreads widely throughout the sky).

Kata Vyoma dalam bahasa Sanskerta berarti langit, angkasa, angin, surga. Kesa berarti rambut. Vyomakesa merupakan sebutan untuk Dewa Siva yang bermakna, rambut surgawi Dewa Siva yang terurai panjang menyebar dan meluas ke angkasa. Rambut Siva ditata indah dengan cara diperucut di bagian atas kepala di atas ubun-ubun, mengarah ke langit. Seperti halnya dilakukan oleh banyak pertapa di India, rambut diperucut dengan arah ke atas juga dilakukan para Sulinggih di Bali atau Indonesia.

Pada waktu Siva menyangga turunnya Dewi Gangg atau sungai suci Gangga dari langit, Dewa Siva membuka perucutan rambut-Nya. Melalui tebaran rambut-Nya yang meliak-liuk indah penuh kekuatan di langit, Dewa Siva menyangga derasnya aliran sungai Gangga, lalu mengalirkannya dengan tenang di daratan Himalaya.

Siva menyelamatkan bumi dari hantaman aliran deras dan keras dari Gangga, melalui rambut yang menyebar luas di langit. Rambut sakti Siva menangkap dan menyangga derasnya aliran Gangga. Sejak itu, Siva dikenal dengan nama Vyomakesa, Siva Mahadeva dengan rambut yang menebar dan menyebar luas di langit.
Disebutkan bahwa rambut yang diperucut di atas kepala para pendeta melambangkan tekad mengikat indria-indria, agar tidak liar demi terjaganya kesucian lahir dan batin. Kama, krodha, dan lobha yang merupakan tiga gerbang neraka, dikekang kuat melalui pengendalian eka-dasendriya (sepuluh indriya), dan satu lagi yang merupakan rajanya indria, yaitu manah (pikiran).

)* Master Meditasi Angka, Pengajar Veda, Penerjemah Bhagavad Gita

(bx/rin/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news