Sabtu, 11 Jul 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Buleleng Tambah Satu Kasus, Dua Pasien Covid-19 Sembuh

29 Juni 2020, 20: 25: 50 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Buleleng Tambah Satu Kasus, Dua Pasien Covid-19 Sembuh

Gede Suyasa (Putu Mardika)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS-Pasien yang hasil swabnya terkonfirmasi positif di Buleleng bertambah satu orang. Pasien dengan kode PDP 116 ini, sebelumnya sempat kontak dengan PDP 101, yang masih dalam satu keluarga dan satu rumah. Kini PDP 116 ini sudah menjalani perawatan di RS Pratama Giri Emas.

Sekertaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa mengungkapkan, PDP 116 yang berasal dari Kecamatan Buleleng ini, merupakan kasus transmisi lokal. Ia tertular dari keluarganya yang masih tinggal dalam satu rumah, yakni PDP 101.

“Mereka masih satu keluarga, satu rumah,” jelas Suyasa dalam keterangan pers secara online, Senin (29/6) sore. Selain ada penambahan kasus baru, Suyasa juga menyebut ada dua pasien yang telah sembuh. Mereka adalah PDP 109 dan PDP 110. Keduanya berasal dari Kecamatan Tejakula. Mereka tertular dari sepupunya di wilayah Kabupaten Gianyar.

Terkait skema penguraian di pasar-pasar tradisional, Suyasa menyebut, jika persiapan sudah dilakukan oleh PD Pasar. Pasar yang diurai adalah Pasar Banyuasri, Pasar Anyar, dan Pasar Tumpah. Rencananya, skema akhir penguraian akan diumumkan Kamis (2/7) mendatang.

“Tiga pasar besar ini memang orientasinya. Tetapi kalau pasar besar sudah diselesaikan, maka dapat dilakukan ke pasar-pasar lainnya, termasuk di pasar desa. Kalau pasarnya dikelola PD Pasar, maka yang bertanggung jawab adalah PD Pasar. Tetapi, kalau pasar dikelola oleh desa adat, maka desa adat yang bertanggung jawab mengaturnya melalui pararem,” imbuh Suyasa.

Sementara itu, terkait kedatangan para Pekerja Migran Indonesia (PMI), Suyasa menyebut masih terjadi. Hanya saja, dari sisi jumlah sudah semakin sedikit. “Seminggu sebelumnya angka kedatangan masih 200 -an orang. Tetapi dalam dua hari terakhir sudah semakin sedikit. Kami masih menunggu informasi, jika kedatangan masih tetap ada,” pungkasnya. Hingga Senin (29/6) siang, jumlah pasien yang dirawat sebanyak 10 orang. Rinciannya di RS Prtaama Giri Emas sebanyak 9 orang dan dirujuk ke RSUP Sanglah sebanyak 1 orang.

(bx/dik/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news