Sabtu, 11 Jul 2020
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis

Semester I, Nilai Proyek ITDC dan UMKM Lebih Rp 39 Miliar

29 Juni 2020, 20: 26: 35 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Semester I, Nilai Proyek ITDC dan UMKM Lebih Rp 39 Miliar

KULINER: Pelatihan Cooking Class yang digelar bertujuan memberdayakan sektor UMKM. (ITDC FOR BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali, dan The Mandalika, NTB, terus berkomitmen untuk meningkatkan pemberdayaan UMKM di sekitar destinasi pariwisata yang dikelolanya. Baik melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) maupun peran UMKM dalam kegiatan usaha ITDC.

Program Kemitraan (PK), merupakan program untuk meningkatkan kemampuan UMKM agar menjadi tangguh dan mandiri, berupa penyaluran  pinjaman untuk membiayai modal kerja dan atau pembelian aset tetap bagi UMKM  dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan. Sedangkan Program Bina Lingkungan (BL) merupakan program pemberdayaan masyarakat termasuk juga yang berprofesi sebagai UMKM melalui kegiatan pelatihan.  Peran UMKM dalam kegiatan usaha ITDC diwujudkan melalui keterlibatan UMKM dalam pengadaan barang/jasa.

Selama tahun 2019, penyaluran dana Program Kemitraan mencapai Rp 4,83 miliar bagi 94 UMKM berikut dana pembinaan kemitraan (hibah) sebesar Rp 856 juta, mencakup sektor pertanian, peternakan, dan kerajinan.  Dalam 3 tahun terakhir, ITDC memiliki mitra binaan unggulan  di sektor pertanian dan kerajinan. Di antaranya adalah Kelompok Tani Mertha Buana di Desa Plaga, Kecamatan Petang Badung, Tenun Putri Mas di Kabupaten Jembrana,  dan Padma Silver di Klungkung.

 “Pemberdayaan UMKM merupakan salah satu wujud kontribusi kami dalam pengembangan ekonomi rakyat serta dukungan bagi UMKM yang merupakan sektor ekonomi penopang perekonomian nasional. Melalui sejumlah program yang kami miliki, kami berharap dapat mendorong pengembangan kapasitas dan perkembangan bisnis UMKM dengan lebih baik lagi,” jelas VP Corporate Secretary ITDC Miranti N. Rendranti, Senin (29/6).

Terkait pengadaan barang/jasa, terdapat 363 proyek pengadaan barang/jasa ITDC yang melibatkan UMKM selama 2019. Perinciannya, 191 proyek usaha mikro, 147 proyek usaha kecil, dan 25 proyek usaha menengah. Total nilai proyek lebih dari Rp 60 miliar.  Sedangkan sampai Semester I tahun 2020 ini terdapat 124 proyek yang telah melibatkan UMKM, dengan rincian 60 proyek usaha mikro, 52 proyek usaha kecil, dan 12 proyek usaha menengah, mencapai nilai proyek lebih dari Rp 39 miliar.  

(bx/bay/aim/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news