Sabtu, 11 Jul 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Bertahun Jalan Kabupaten Rusak, Warga Akhirnya Perbaiki Swadaya

29 Juni 2020, 20: 33: 12 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Bertahun Jalan Kabupaten Rusak, Warga Akhirnya Perbaiki Swadaya

JALAN : Masyarakat di Dusun Kembang Sari, Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt terpaksa memperbaiki jalan sepanjang 3,5 kilometer secara swadaya, Senin (29/6) siang. (Putu Mardika)

Share this      

SERIRIT, BALI EXPRESS- Warga Dusun Kembang Sari, Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, terpaksa memperbaiki jalan sepanjang 3,5 kilometer secara swadaya. Mereka kecewa lantaran jalan berstatus kabupaten yang menjadi akses ekonomi membawa hasil bumi ke pasar tersebut, kondisinya rusak selama bertahun-tahun dan tak kunjung diperbaiki.

Puluhan warga tersebut bahu membahu bergotong royong melakukan perbaikan semampunya. Jalan dirabat beton,sehingga mempermudah sepeda motor maupun kendaraan roda empat melintas akses jalan tersebut.

Kepala Dusun Kembang Sari, Gusti Putu Merta, mengatakan, kerusakan jalan itu sudah cukup lama dan bahkan nyaris tak bisa dilewati. Perbaikan jalan yang rusak sejak delapan tahun lalu, sudah diusulkan ke pemerintah, baik itu melalui Musrenbang maupun dengan cara lain. Namun, hingga kini belum terealisasi.

"Dahulu jalan yang tembus ke wilayah Desa Pangkungparuk ini diaspal melalui program kawasan terpilih pusat pada 2012, tapi rusak lagi. Pemerintah janji akan memperbaiki jalan rusak ini sudah sejak lima  tahun lalu, tapi hingga kini belum diperbaiki," ungkap Kadus Merta, Senin (29/6) siang.

Merta menyebut jalan tersebut fungsinya sangat vital bagi 7.775 jiwa dari 224 KK, karena satu-satunya akses warga untuk berhubungan dengan daerah lain. Karena merasa kecewa, warga pun berinisiatif memperbaiki jalan tersebut dengan cara swadaya, dibantu para donatur yang prihatin. "Jadi tidak semua jalan rusak bisa diperbaiki karena keterbatasan dana. Kami harap pemerintah bisa membantu warga," ujar Kadus Merta.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng, Putu Adiptha Ekaputra, mengaku, usulan perbaikan jalan di Desa Lokapaksa memang sudah menjadi prioritas di tahun 2020 ini.

Selain diusulkan melalui Musrenbang, perbaikan jalan-jalan di Desa Lokapaksa sudah masuk agenda pembangunan yang harus dilaksanakan pada tahun anggaran 2020. Hanya saja, karena pandemik Covid-19 terpaksa seluruh anggaran difokuskan untuk penanganan Covid-19.

"Seluruh program pembangunan fisik tahun 2020 ditunda, setelah anggaran dirasionalisasi, termasuk refocusing untuk Covid-19. Semua pos anggaran terkena refocusing untuk Covid-19, jadinya semua rencana pengerjaan fisik saat ini dijadwal ulang, kemungkinan di tahun 2021 nanti," pungkas Adiptha Ekaputra.

(bx/dik/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news