Sabtu, 11 Jul 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

74 Orang Warga Binaan Akan Nyoblos di Lapas Tabanan  

29 Juni 2020, 22: 10: 53 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

74 Orang Warga Binaan Akan Nyoblos di Lapas Tabanan   

KOORDINASI : Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Tabanan, I Ketut Sugina berkoordinasi dengan Kalapas Tabanan, Senin (29/6).   (istimewa)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan melakukan koordinasi dengan Lapas Tabanan dalam upaya memfasilitasi hak pilih warga binaan di Lapas Tabanan. 

Dalam koordinasi awal  Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Tabanan, I Ketut Sugina bertemu Kalapas Tabanan, Raden Budiman Priatna Kusumah, Senin (26/6), terungkap dari 183 penghuni Lapas Tabanan, ada 74 orang  warga Tabanan yang notabene memiliki hak pilih dalam Pilkada Tabanan, 9 Desember 2020.

Sebelum diterima Kalapas Tabanan, Komisioner KPU Tabanan ini, menemui Kasub. Registrasi Lapas Tabanan, I Wayan Sadiasa. Menurutnya, koordinasi yang dilakukan hanyalah koordinasi tahap awal, dan kebetulan Kalapas Tabanan adalah pejabat baru, sehingga pihaknya sekaligus soan untuk memperkenalkan diri, guna memudahkan koordinasi nantinya, utamanya dalam pemutakhiran data pemilih Lapas.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kalapas terkait penghuni Lapas yang berhak menggunakan hak pilih nantinya. “Dari hasil koordinasi kami, bahwa dari 183 penghuni Lapas saat ini, ada sebanyak 74 orang warga Tabanan yang dipastikan sampai 9 Desember 2020 nanti sebagai penghuni Lapas,” sambungnya.

Kata dia, data tersebut tentu saja belum data final, dan memungkinkan adanya perubahan. Karena sesuai regulasi, warga yang memiliki hak pilih dalam Pilkada Tabanan, 9 Desember 2020 nanti adalah warga memiliki KTP el Tabanan dan memenuhi syarat sebagai pemilih sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Kami menyambut baik atas kerjasama pihak Lapas Tabanan yang memberikan kami akses dan membantu kami dalam upaya menjaga hak pilih setiap warga Tabanan, termasuk yang di Lapas. Semoga komunikasi ini terus dapat ditingkatkan,” lanjut Sugina yang juga mantan wartawan ini. Sementara itu, Kalapas Tabanan, Raden Budiman Priatna Kusumah yang biasa disapa Budiman, menyambut baik kedatangan Komisioner KPU Tabanan dalam upaya meningkatkan koordinasi dengan pihak Lapas. “Kami sangat welcome atas koordinasi yang dilakukan pihak KPU Tabanan. Sesuai tupoksi, kami siap membantu terkait data penghuni Lapas yang dibutuhkan dalam upaya menjaga hak pilih setiap warga negara,” ucapnya. 

(bx/ras/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news