Sabtu, 11 Jul 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Berjualan di Denpasar, Pedagang dari Luar Wajib Bawa Suket Rapid Test

30 Juni 2020, 20: 47: 49 WIB | editor : Nyoman Suarna

Berjualan di Denpasar, Pedagang dari Luar Wajib Bawa Suket Rapid Test

SUKET RAPID TEST: Pedagang Pasar Kumbasari menunjukkan suket rapid test. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Melonjaknya angka kasus Covid-19 yang menyebar dari pasar tradisional di Denpasar membuat Pemkot Denpasar mengeluarkan beberapa aturan. Selain merancang penggunaan barcode terhadap pedagang pasar, pedagang luar Denpasar juga diwajibkan membawa surat keterangan (suket) rapid test ketika akan berjualan di Denpasar.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Selasa (30/6) mengatakan, pergerakan orang ke Denpasar saat ini masih tinggi, termasuk pedagang yang berasal dari luar Denpasar yang berjualan di Denpasar. Hal ini dikarenakan Denpasar merupakan sentral atau pusat perekonomian di Bali. Oleh karena itu, Pemkot Denpasar akan melakukan pengetatan mobilitas pedagang dari luar Denpasar untuk menekan penyebaran Covid-19. “Nanti Dinas Perhubungan dan Satpol PP akan melakukan pengecekan,” kata dia.

Dewa Rai menambahkan, apabila tidak membawa suket rapid test negatif, mereka tidak diizinkan berjualan sementara, sampai ia melengkapi diri dengan suket rapid test.  “Hal ini akan diterapkan dalam waktu dekat dan saat ini tengah disiapkan formula untuk pelaksanaannya. Formulanya sudah disiapkan, apalagi saat ini kluster penyebaran Covid-19 di pasar sudah terjadi, contohnya di Pasar Kumbasari. Ini juga sebagai upaya agar tak ada saling menyalahkan antar Gugus Tugas di daerah satu dengan Denpasar,” jelasnya.

Untuk biaya rapid test pedagang dari luar Denpasar akan dibebankan kepada pedagang tersebut. Terkecuali jika di tempatnya berjualan ada kasus positif Covid-19 dan Gugus Tugas melakukan rapid test masal. Hal ini dikarenakan terbatasnya SDM serta anggaran dari Pemkot Denpasar.

(bx/dhi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news