Rabu, 12 Aug 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

PDP di Klungkung Meninggal, Dikubur di Desa Adat Gegelang

07 Juli 2020, 18: 26: 20 WIB | editor : Nyoman Suarna

PDP di Klungkung Meninggal, Dikubur di Desa Adat Gegelang

PROTOKOLER: Penguburan jenazah PDP asal Klungkung di kuburan Desa Adat Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (7/7). (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Pasien berstatus PDP yang meninggal di RSUD Klungkung, telah dimakamkan di setra (kuburan) Desa Adat Gegelang, Karangasem, Selasa (7/7) siang. Pemakaman ditangani pihak RS Klungkung sesuai protokol kesehatan.

Jenazah tiba sekitar pukul 11.00 lalu prosesi berjalan hingga pukul 12.00. Penguburan jenazah disaksikan Satgas Desa Adat Gegelang, BPBD Karangasem, dan beberapa perwakilan keluarga di Gegelang.

Perbekel Gegelang Dewa Komang Parwata membenarkan salah seorang warga di Desa Adat Gegelang meninggal di RSUD Klungkung dengan status pasien PDP. Namun pasien tersebut sehari-hari tinggal di Kecamatan Dawan, Klungkung.

Kata Dewa Parwata, pasien dan keluarga masih warga desa adat. "Secara dinas adalah warga Klungkung. Tapi masih punya hak adat di Desa Adat Gegelang sehingga secara adat dimakamkan di Gegelang. Ini sama seperti kasus di Pasedahan yang merupakan warga dinas Denpasar," ucap Dewa.

Kelian Adat Desa Adat Gegelang Mangku Arta menambahkan, yang bersangkutan sehari-hari tinggal di wilayah Klungkung. Kata Arta, beberapa keluarganya memang masih ada yang tinggal di desa adat. Tempat tinggalnya jauh dari pusat desa.

Arta mengatakan, prosesi pemakaman berjalan lancar. Warga desa disebut tidak memasalahkan prosesi pemakaman dilakukan di Gegelang. "Warga kami semua ikhlas dan menerima. Kami sempat tanyakan ke warga dan semua tidak memasalahkan pemakaman karena pasien adalah warga adat," ucap Mangku Arta.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news