Rabu, 12 Aug 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Bupati Mas Sumatri Janji Alirkan Air Telaga Waja untuk Petani Tianyar

07 Juli 2020, 18: 42: 54 WIB | editor : Nyoman Suarna

Bupati Mas Sumatri Janji Alirkan Air Telaga Waja untuk Petani Tianyar

PANEN: Bupati Mas Sumatri saat panen bawang merah di Tianyar, Kubu. (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Siapa sangka, lahan di daerah Kecamatan Kubu cukup produktif. Buktinya, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, baru-baru ini memanen bawang merah di lahan pertanian milik warga Banjar Dinas Darmawinangun, Desa Tianyar, Kubu.

Warga di wilayah Kubu kini mulai memanfaatkan lahan tandus untuk mengembangkan sejumlah komoditas, misalnya bawang merah. Hanya saja, dalam pengembangannya, para petani mengalami masalah air dan pemasaran.

Salah seorang petani, Jero Mari, sempat mengutarakan masalah itu ke bupati. Meski demikian, hal itu tidak menyurutkan semangat Jero Mari dan petani lain menggerakkan perekonomian lewat bercocok tanam.

Menurutnya, petani setempat sudah lama menanam bawang dan tanaman lain. Namun petani dihadapkan pada persoalan air. Tidak cuma itu, tantangan besar adalah memasarkan hasil panen mereka. Padahal, hasil pertanian di Desa Tianyar terbilang menjanjikan dan berpotensi membangkitkan ekonomi petani.

Buktinya, selain bawang merah, di lahan itu juga terdapat kol, tomat, terong. "Selama ini petani bingung soal pemasaran. Kami harap, ke depan pemerintah bisa memfasilitasi atau membantu untuk memasarkan hasil pertanian ini. Apalagi kehadiran Ibu Bupati membuat kami lebih optimis," harap Jero Mari.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, pihaknya akan mengalirkan air Telaga Waja yang belum lama ini berhasil diangkat untuk warga Tianyar. "Setelah berjuang cukup lama, air Telaga Waja akan mengalir ke Tianyar," ucapnya.

Dia mengaku sangat yakin produksi bawang di Tianyar meningkat tajam. Tentu dibantu dan dibina instansi pemerintah secara berkelanjutan. Nantinya, Mas Sumatri akan membantu memasarkan hasil panen petani Tianyar. "Tentu dengan menggencarkan Bela Bali Beli Produk Lokal," pungkasnya.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news