Rabu, 12 Aug 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Jelang New Normal, Sekda Rai Iswara Sidak Tiga Pasar

07 Juli 2020, 19: 09: 23 WIB | editor : Nyoman Suarna

Jelang New Normal, Sekda Rai Iswara Sidak Tiga Pasar

SIDAK : Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara melakukan sidak persiapan New Normal di Pasar Badung. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara mengunjungi tiga pasar tradisional di Kota Denpasar untuk meninjau kesiapan pasar dalam menghadapi New Normal.

Menurut Rai Iswara, pemantauan ini merupakan tindak lanjut dari surat Keputusan Presiden dan Menteri Kesehatan yang juga amanat dari  Surat Edaran Walikota  Denpasar No. 443/044/Gugus Tugas Covid -9 Kota Denpasar  tentang Strategi Persiapan Menuju Masyarakat Tatanan Baru Produktif  dan Aman Covid-19 di Kota Denpasar.  Edaran ini sebagai upaya kesiapan dalam pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19)  di lingkungan kantor pemerintah, BUMN/D, instansi vertikal dan perusahaan swasta. Masing-masing instansi dan perusahaan wajib membentuk satgas pencegahan Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan.

Untuk tujuan itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar  dipimpin Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara, Selasa (7/7), meninjau Pasar Badung, Pasa Kreneng dan Pasar Ketapian yang secara keseluruhan telah memfasilitasi para pedagang dengan pembatas  tirai plastik, masker hingga face shield.

Rai Iswara bersama GTPP Denpasar meninjau langsung setiap los dan kios pedagang pasar, serta mengajak para pedagang untuk selalu melindungi diri dan sesama,  dan  selalu disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Di samping itu,  sarana prasana penunjang bersama pengelola, pedagang, masyarakat di dalam pasar agar selalu mengikuti protocol kesehatan.

Rai Iswara berharap masyarakat selalu menerapkan  protokol kesehatan agar masyarakat tetap aman dan nyaman serta tetap produktif.  “Diharapkan pengelola pasar terus memberikan informasi kepada pembeli dan pedagang untuk selalu menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan,” ujar Rai Iswara.

Dalam sosialisasi ini, masyarakat di pasar rakyat agar selalu disiplin, terlebih saat ini akan menuju pada adaptasi kebiasaan baru atau era New Normal. Kesepakatan Pemerintah Provinsi Bali dengan bupati/walikota dalam New Normal disambut Pemkot Denpasar  dengan melakukan persiapan.

Tidak hanya pasar rakyat, perkantoran dan ruang public juga tidak terlepas dari geliat ekonomi yang tetap berpatokan pada tingkat kesehatan masyarakat yang aman dan produktif.  “Saat ini, antisipasi klaster pasar telah dilakukan Pemkot Denpasar dengan imbauan dan kebersamaan pengelola pasar untuk tetap memberikan informasi, sehingga masyarakat aman dan nyaman serta produktif di dalam pasar,” ujar Rai Iswara.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Kota Denpasar I.B. Kompyang Wiranata mengatakan, pasar rakyat di bawah Perumda Pasar Sewakadharma Kota Denpasar telah menata infrastruktur dalam memberikan kenyamanan kepada pedagang dan pengunjung pasar. Pemasang tirai plastik, memberikan masker hingga face shield telah dilakukan. Semua pedagang telah disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. “Kami terus memberikan sosialisasi kepada pedagang dan pengunjung pasar untuk selalu menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan saat memasuki pasar hingga usai bertransaksi,” ujarnya.

(bx/dhi/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news