Rabu, 12 Aug 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

New Normal Segera Dimulai, Dispar Karangasem Verifikasi Objek Wisata

07 Juli 2020, 20: 01: 01 WIB | editor : Nyoman Suarna

New Normal Segera Dimulai, Dispar Karangasem Verifikasi Objek Wisata

VERIFIKASI: Dispar Karangasem verifikasi Taman Tirtagangga, Kecamatan Abang, Karangasem, Selasa (7/7). (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Tatanan kehidupan era baru segera dimulai, seperti disampaikan Gubernur Wayan Koster. Terkait rencana dibukanya kembali pariwisata pada 31 Juli mendatang, Dinas Pariwisata (Dispar) Karangasem telah pasang ancang-ancang.

Dispar Karangasem melakukan verifikasi terhadap sejumlah daya tarik wisata (DTW) yang ada di Gumi Lahar. Kepala Dinas Pariwisata Karangasem, I Ketut Sedana Merta menjelaskan, dari 77 DTW yang ada di Karangasem, baru tujuh yang sudah mengajukan untuk dilakukan verifikasi ke Dispar Karangasem. Di antaranya Kawasan Suci Pura Penataran Agung Besakih, Lempuyang, Taman Edelweis, Puri Agung Karangasem, Desa Wisata Dukuh Penaban, Taman Soekesada Ujung, dan Taman Tirta Gangga.

 "Kami verifikasi langsung ke lapangan, ke DTW Taman Tirtagangga dan Puri Agung Karangasem. Sisanya yang belum diverifikasi, dilanjutkan bertahap," ujar Sedana Merta, Selasa (7/7).

Pada dasarnya DTW dan restaurant yang diverifikasi ini dijadikan percontohan karena sudah memenuhi protokol kesehatan, terkait penerimaan pengunjung dalam situasi pandemi.

Dia menambahkan, verifikasi memang penting untuk mengetahui kesiapan protokol kesehatan di objek tersebut jelang New Normal. DTW wajib menyiapkan fasilitas sanitasi seperti  tempat cuci tangan, hand sanitizer di sejumlah titik.

"Yang paling prinsip adalah kesiapan disiplin secara bersama, mulai dari pengelola pengunjung tamu, wisatawan wajib mengikuti protokol kesehatan dan wajib memakai masker, jaga jarak," tegasnya.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Karangasem Ni Made Suradnyani mengatakan, di Karangasem ada sekitar 400 hotel. Karena jumlah cukup banyak, pihaknya tidak bisa memverifikasi semuanya.

Verifikasi bakal dilakukan bertahap. "Kami akan lakukan bertahap. Saat ini baru percontohan. Kalau dilihat, hampir semua hotel sudah siap," jelasnya.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news