Rabu, 12 Aug 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Komisi III Pantau Kesiapan Terminal Mengwi Jelang New Normal

07 Juli 2020, 21: 50: 20 WIB | editor : Nyoman Suarna

Komisi III Pantau Kesiapan Terminal Mengwi Jelang New Normal

CEK TERMINAL: Rombongan Komisi III DPRD Bali yang diketuai IGA Diah Werdhi Srikandi WS memantau kesiapan Terminal Mengwi menjelang penerapan protokol tatanan hidup era baru, Selasa (7/7). (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Komisi III DPRD Bali, Selasa (7/7), kembali memantau proses pengawasan pelaku perjalanan melalui angkutan transportasi darat. Kali ini, yang dituju adalah Terminal Mengwi, Kecamatan Mengwi, Badung.

Inspeksi mendadak (sidak) tersebut dipimpin Ketua Komisi III DPRD Bali IGA Diah Werdhi Srikandi WS. Sidak dilakukan untuk memonitor penerapan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Menyusul akan dimulainya pelonggaran aktivitas masyarakat yang masih dibatasi pada lingkup lokal Bali, mulai, Kamis (9/7).

“Poin penting yang pertama dari pantauan kami ini adalah kesiapan pihak pengelola terminal dalam menerapkan protokol kesehatan menjelang New Normal,” sebut Diah usai kegiatan tersebut.

Secara umum, sambung dia, pihak pengelola telah siap menerapkan protokol tatanan kehidupan era baru. Ini sebagaimana keterangan yang diperoleh dari Kepala Terminal Mengwi Putu Mudita.

“Secara umum, untuk kesiapan New Normal sudah baik, sesuai protokol kesehatan. Hanya saja, kami belum bisa melihat secara langsung penerapannya. Misalnya pada saat penumpang antre beli tiket dan sebagainya. Karena kebetulan tadi penumpangnya sepi,” sebutnya.

Meski demikian, dari pantauan tadi, pihaknya memperoleh beberapa hal penting yang dipandang perlu menjadi catatan. Dari penjelasan pihak pengelola, sambung dia, terminal yang jadi asset Kementerian Perhubungan itu belum dikelola secara maksimal.

“Sangat disayangkan, terminal yang sangat luas dengan bangunan yang sudah tertata rapi, kalau tidak dikelola maksimal. Saat ini (terminal itu) dikelola Balai Pengelola Transportasi Darat. Perwakilan pusat,” jelasnya.

Karena itu, Komisi III mendoroang adanya penerapan konsep One Island, One Management atau Satu Pulau, Satu Manajemen pada sektor perhubungan. Sebagaimana visi dari Gubernur Bali Wayan Koster.

“Kami akan segera membahas ini dan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan di tingkat kabupaten/kota untuk memecahkan solusi dalam mengatasi beberapa persoalan di bidang perhubungan. Sekaligus mendorong Terminal Mengwi sebagai pusat aktivitas transportasi umum jalur darat di Bali,” tukasnya.

Menurutnya, dorongan untuk menguatkan posisi Terminal Mengwi sebagai pusat aktivitas transportasi umum untuk jalur darat penting dilakukan. Sehingga aktivitas keberangkatan dan tibanya bus berlangsung di satu titik.

“Sehingga tidak ada lagi kendaraan besar yang masuk ke jalan kota. Di saat yang sama kami juga mendorong adanya tindakan tegas dari pihak kepolisian terhadap oknum sopir-sopir nakal yang sembarangan menurunkan dan menaikkan penumpang. Terlebih menjelang new normal, penumpang-penumpang yang turun wajib menjalani rapid test di terminal untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” tegasnya.

(bx/hai/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news