Kamis, 06 Aug 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Satgas Covid-19 Akan Dibentuk di Tiap OPD di Tabanan

11 Juli 2020, 00: 47: 55 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Satgas Covid-19 Akan Dibentuk di Tiap OPD di Tabanan

RAPAT :  Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga saat memimpin rapat kerja via Zoom Meeting, Jumat (10/7). (istimewa)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Eksekutif dan Legislatif di Kabupaten Tabanan menggelar rapat gabungan menyambut Tatanan Era Baru, Jumat (10/7) via Zoom Meeting.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga tersebut, pihak eksekutif diminta agar memperketat protokol kesehatan dalam tatanan Era Baru. Bahkan, untuk protokol kesehatan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Tabanan diwajibkan membentuk Satgas Covid-19 dengan pengawasan silang. Dimana dibentuknya Satgas diharapkan dapat mengantisipasi penyebaran virus dari klaster kantor dinas.

Sebelumnya, Kepala Bapelitbang Tabanan memaparkan skema pelaksanaan tatanan era baru di Tabanan yang diberi nama 'Tabanan Aman dan Produktif'. Secara umum skema pelaksanaannya mewajibkan setiap sektor memperketat protokol kesehatan Covid-19.

Sekda Tabanan Gede Susila menyampaikan, untuk mengantisipasi penyebaran virus Korona dari perkantoran, setiap OPD di Tabanan diwajibkan membuat Satgas Covid-19. Pengawasanya dilakukan silang antar OPD. "Misalnya Dinas Sosial melakukan pengawasan ke Dinas Perindag. Nanti kekurangan-kekurangan yang ada di masing-masing OPD bisa saling evaluasi," ungkapnya.

Ditambahkannya, jika langkah tersebut dilakukan sekaligus untuk memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa protokol kesehatan dalam Bali Era Baru tetap penting dilakukan secara mandiri

Sementara itu, Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja mengungkapkan,  Satgas yang dibentuk di masing-masing OPD bertujuan untuk mengantisipasi virus masuk kantor. Dimana di dalam OPD ada petugas yang bertugas untuk mengingatkan pegawai menerapkan protokol Covid-19. Termasuk pula melakukan penyemprotan disinfektan setiap 4 jam dan menyediakan pengecekan suhu tubuh.

Kemudian, dalam menyambut Tabanan Aman dan Produktif, informasi yang berisi ajakan wajib menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Tatanan Era Baru selalu digemakan kepada masyarakat. Puskesmas di setiap kecamatan diminta sediakan konseling secara virtual pada jam tertentu. "Jadi ini seluruhnya harus bergerak dan siap, setelah siap bisa diluncurkan oleh pimpinan menerapkan Tabanan Aman dan Produktif," ujarnya.

Atas pemaparan tersebut, anggota DPRD Tabanan asal Pupuan, I Gusti Nyoman Omardani meminta pemerintah juga menyiapkan sanksi dari aturan yang dibuat. Hal itu dilakukan untuk mendisiplinkan masyarakat. "Kalau tidak ada sanksi bisa saja masyarakat kurang disiplin dan tidak menghiraukan aturan yang kita buat," ungkapnya.

Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga juga meminta kepada seluruh komponen masyarakat Tabanan disiplin menyambut Bali Tatanan Era Baru. Apalagi saat ini kasus Covid-19 di Tabanan masih terus bertambah. Maka dari itu, tidak boleh lengah, harus tetap waspada. "Kasus semakin tinggi kita semua harus waspada dan disiplin," tegas Dirga.

(bx/ras/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news