Rabu, 12 Aug 2020
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

Gde Agung Tolak Pimpin Tim Pemenangan Paket Diatmika-Muntra

26 Juli 2020, 21: 44: 59 WIB | editor : Nyoman Suarna

Gde Agung Tolak Pimpin Tim Pemenangan Paket Diatmika-Muntra

ilustrasi (DOK.JAWA POS)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Nama I Gusti Ngurah Agung Diatmika dan I Wayan Muntra (Diatmika-Muntra) masih bergulir dalam wacana bakal calon yang akan melawan petahana I Nyoman Giri Prasta dalam Pilkada 9 Desember mendatang. Meski demikian, keduanya belum resmi didukung, lantaran belum ada kesepakatan tertulis. Pun rekomendasi partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Badung Bangkit (KRBB) belum turun. 

AA Tri Candra Arka selaku ketua KRBB mengatakan, saat Musda DPD Partai Golkar Kabupaten Badung, para bakal calon pilkada di masing-masing kabupaten diperkenalkan. Di Badung juga disebutkan Diatmika-Muntra. “Jadi sudah mendekati 100 persenlah (paket Diatmika-Muntra). Saya pikir 80 persen, yang 20 persen kan rekomendasi partai-partai politik yang berkoalisi, yakni Golkar, Gerindra, dan Nasdem,” ungkapnya, Minggu (26/7) kepada Bali Express (Jawa Pos Group).
Gung Cok, sapaan akrabnya, kembali menyinggung munculnya dua nama tersebut merupakan hasil pemikiran sejumlah tokoh di Badung, sesuai pertemuan di Denpasar, Senin malam (20/7). “Saat itu kan kami sudah menyatukan visi dalam hal menginventaris (tokoh untuk bakal calon) dengan lahirnya paket ini (Diatmika-Muntra). Masing-masing ketua (partai) dalam pertemuan itu kan juga sudah mengiyakan, dan siap untuk mengusung paket ini, baik dari Golkar, Nasdem, dan Gerindra,” jelasnya.
Jika dilihat dari latar belakang partai, tentu Muntra lebih terkenal, karena sempat menduduki ketua DPD II Golkar Badung. Sementara Diatmika dikenal kiblatnya sebagai notaris senior dan ketua Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada Jogjakarta (Kagama) Provinsi Bali.

Mungkinkah posisi keduanya bertukar? Ditanya begitu, Gung Cok yang juga ketua KNPI Badung enggan menanggapi lebih jauh. Secara diplomatis ia mengatakan, politik bersifat dinamis. Sehingga perubahan dalam konstelasi politik adalah wajar. “Politik kan dinamis. Yang abadi kan perubahan. Yang jelas, saat ini kan muncul Diatmika-Muntra untuk bakal calon bupati dan wakil bupati. Apakah dalam perjalanan menjadi Muntra-Diatmika, itu bukan ranah tyang menjawab,” tegasnya.
Pun demikian, baik Diatmika dan Muntra, kata Sekum Pengprov Kodrat Bali ini, memang sudah sempat mengiyakan secara lisan terkait dengan dorongan untuk maju dalam Pilkada Badung. Namun belum ada kesepakatan tertulis.

“Untuk itu, dalam waktu dekat, minggu-minggu ini kami akan kembali bertemu. Termasuk nanti juga kami menunggu rekomendasi dari partai-partai, baik Golkar, Gerindra, maupun Nasdem,” jelas putra mendiang tokoh Golkar I Gusti Ketut Adhiputra ini.

Sementara itu, mantan Bupati Badung 2005-2015, AA Gde Agung yang disebut-sebut sebagai salah satu tokoh di balik nama Diatmika-Muntra mengatakan, dirinya mempersilakan putra Badung yang ingin berkompetisi dalam Pilkada Badung. “Itu (Muntra dan Diatmika) warga Badung. Kalau memang mereka bermaksud mengabdi dan ngayah di Badung dengan tulus ikhlas, serta saja tur seken. Saja itu memang benar dari hati nurani yang paling dalam. Seken itu, sesuai dengan aturan yang berlaku, tata kelola pemerintahan, tata kelola keuangan, ia taat azas, ya silahkan saja maju,” ungkapnya.
Hanya saja, soal adanya isu dirinya didorong menjadi pimpinan di tim pemenangan, Gde Agung belum bersedia. “Pertama, yang saya sampaikan bahwa saya sudah menjadi panglingsir Puri Ageng Mengwi. Saya menginginkan agar yang menjadi tokoh tim pemenangan adalah anak muda,” ujarnya.
Lebih lanjut, selaku senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, berdasarkan aturan konstitusi dan kode etik, dirinya tak boleh mengampanyekan orang-orang partai, dan juga dikampanyekan oleh orang-orang partai saat maju sebagai calon DPD RI. “Dalam posisi sekarang ini, sesuai dengan kode etik, saya tidak boleh terjun di politik partai. Jadi dengan demikian, tidak mungkinlah saya jadi ketua tim pemenangan,” tegasnya.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news