Rabu, 12 Aug 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

ODTW di Badung Dibuka Kembali, Pengunjung Dipungut Retribusi

31 Juli 2020, 21: 11: 34 WIB | editor : Nyoman Suarna

ODTW di Badung Dibuka Kembali, Pengunjung Dipungut Retribusi

TAMAN AYUN ; Objek wisata Taman Ayun dibuka. Wisatawan mulai dikenakan tiket masuk. (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Kabupaten Badung mulai dibuka Sabtu (1/8). Sebelumnya telah dilaksanakan proses uji coba pembukaan. Berbagai kelengkapan protokol kesehatan diterapkan sesuai arahan pemerintah. Pembukaan ODTW juga akan dibarengi pungutan restribusi.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Made Badra membenarkan semua ODTW di Badung bisa melakukan pungutan restribusi. “Bila DTW sudah siap menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung, mereka sudah bisa pungut retribusi tiket masuk objek wisata,” ungkapnya, Jumat (31/7).
Dikatakan, semua ODTW di Badung sudah lolos verifikasi, dan ada yang sudah memperoleh sertifikat. “Jadi semua sudah lulus verifikasi,” jelasnya.
Salah satu ODTW andalan ‘Gumi Keris’ adalah Kawasan Pura Taman Ayun, Mengwi. I Made Suandi selaku pengelola Objek Wisata Taman Ayun mengatakan, uji coba pembukaan telah dilaksanakan sejak Minggu (26/7) hingga Jumat (31/7). Saat uji coba tersebut, pengunjung tidak dikenakan retribusi.
“Nah, mulai besok (Jumat, Red) kami akan lakukan pungutan restribusi,” ungkapnya.
Pada tahap uji coba, kata Suandi, sudah ada pengunjung rata-rata 20 orang per hari. Sementara sebelum pandemi Covid-19, kunjungan ke salah satu warisan budaya dunia yang diakui UNESCO itu mencapai ribuan orang per hari. Dari kunjungan tersebut, pendapatan bersih rata-rata Rp 400 juta per bulan.

“Kami berharap tingkat kunjungan wisatawan ke depan lebih meningkat. Kami di Taman Ayun sudah siap menerima wisatawan dan sudah lulus verifikasi dalam penerapan protokol kesehatan,” imbuhnya.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news