Rabu, 12 Aug 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Dekatkan Generasi Muda, Gerakan Pramuka Manfaatkan Teknologi

31 Juli 2020, 21: 48: 51 WIB | editor : Nyoman Suarna

Dekatkan Generasi Muda, Gerakan Pramuka Manfaatkan Teknologi

Andalan Nasional Komisi Pengabdian Masyarakat, Putu Ngurah Sonny Sanjaya (DOROTHI IBERANI WAMAFMA FOR BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Gerakan pramuka sering dipandang sebagai gerakan yang jadul, karena itu Putu Ngurah Sonny Sanjaya selaku Andalan Nasional Komisi Pengabdian Masyarakat menjawab tantangan ini dengan memanfaatkan teknologi. 

Gerakan pramuka kini mendekatkan diri dengan generasi saat ini. Dengan metode pendidikan yang sama, namun kemasan kegiatan pramuka akan disesuaikan dengan keinginan generasi ini. "Kemasan -

kemasan kegiatan lebih disesuaikan dengan keinginan dari anak-anak kita,” katanya. 

Lebih lanjut Sonny menjelaskan, kegiatannya mengaplikasikan teknologi  seperti Jambore On The Air, Jambore On The Internet.

Terdapat juga Satuan Karya sebagai tempat untuk mewujudkan life skill dan job creation para anggota Pramuka. “Jadi itu yang kami sedang lakukan perubahan dan update fungsi, peran, tugas Satuan Karya kita," katanya.

Sonny menjelaskan bahwa adaptasi teknologi memang penting, tapi yang lebih penting adalah membekali anggota Pramuka agar bisa berjuang di kehidupan nyata sebagai individu di dalam kelompok masyarakat. Karena itu, generasi muda usia 16-25 tahun diarahkan untuk bergabung di Satuan Karya Pramuka.

Gerakan Pramuka juga turut berkontribusi pada masa pandemi ini dengan membentuk Satuan Tugas. Seluruh Kwarcab berperan membagikan hand sanitizer, masker, juga sembako dan uang kepada masyarakat yang terdampak pandemi.

(bx/ran/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news