Jumat, 02 Oct 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Satu Dokter Positif Covid-19 di Jembrana

05 Agustus 2020, 20: 56: 27 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Satu Dokter Positif Covid-19 di Jembrana

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha (GDE RIANTORY/BALI EXPRESS)

Share this      

NEGARA, BALI EXPRESS - Sempat melandai beberapa pekan terakhir, penularan Covid-19 di Kabupaten Jembrana kembali terjadi. Kali terjadi penambahan enam pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dalam sehari.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Rabu (5/8), mengatakan, penambahan kasus baru itu seluruhnya berasal dari Kecamatan Negara. Empat orang anita serta dua orang laki-laki. “Hasil swab tersebut keluar Selasa (4/8), menyatakan terkonfirmasi positif enam orang. Seluruhnya kini sudah dirawat di ruang isolasi RSU Negara,” ujarnya.

Dengan tambahan itu, kini RSU Negara merawat pasien terkonfirmasi positif sebanyak sembilan orang. Sementara satu pasien positif lainnya asal Jembrana dirawat di RSUP Sanglah. Lebih lanjut dijelaskan Arisantha, tambahan kasus baru ini merupakan hasil tracking satgas penanganan Covid-19 Jembrana dari pasien terkonfirmasi ke-60. Pasien ke-60 yang berjenis kelamin wanita sudah dirujuk dan mendapatkan penanganan secara intensif di RSUP Sanglah. Tambahan pasien baru hari ini juga memiliki kekerabatan dengan pasien ke-60 tersebut.

“Jadi yang terkonfirmasi hari ini ada hubungan kekerabatan dan memiliki kontak erat. Yakni suami, anak serta empat orang lainnya merupakan kerabat serta rekan kerja pasien. Seluruhnya berasal dari Kecamatan Negara,” terangnya.

Sebelumnya, dari delapan kontak erat pasien ke-60 yang sudah diambil test swab, hasilnya lima terkonfirmasi positif, tiga lainnya negatif. Tiga orang yang negatif ini  merupakan anak pertama, serta dua karyawan (rekan kerja) dari pasien ke-60. Selain itu, juga sudah diambil test swab bagi lingkaran petugas medis di RSU Negara. Hasilnya satu orang terkonfirmasi positif, sedangkan sisanya negatif. 

Test swab dijajaran petugas medis RSU Negara ini karena sebelum dinyatakan positif, pasien ke-60 sempat menjalani perawatan. Selain itu, salah satu anaknya tercatat sebagai dokter yang bertugas di RSU Negara. “Hasil test swabnya rekan sejawat kami ini terkonfimasi positif Covid-19. Sekaligus menjadi kasus pertama dokter yang berdomisili di Jembrana terpapar Covid-19,” paparnya.

Lebih lanjut, satgas penanganan Covid-19 Jembrana juga terus melakukan pengembangan tracking dari penambahan kasus baru ini. Jajaran surveilans juga masih mencari sumber serta asal muasal penyebaran virus, sehingga terjadi penambahan pasien baru sebanyak tujuh orang.

“Masih ditelusuri, kami belum tahu sumber awalnya darimana. Namun, kecil kemungkinan dari lingkup kerja RSU sendiri, karena di samping penggunaan APD terstandar bagi petugas seusai SOP, juga  hasil swab sudah diambil, dinyatakan negatif,” tandasnya. Jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Jembrana kini sebanyak 66 orang. Sementara yang sudah dinyatakan sehat 56 orang.

(bx/tor/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news