Jumat, 02 Oct 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

New Normal, Layanan Curhat Online Diskes Denpasar Sepi Peminat

05 Agustus 2020, 21: 06: 56 WIB | editor : Nyoman Suarna

New Normal, Layanan Curhat Online Diskes Denpasar Sepi Peminat

ILUSTRASI (DOK. JAWA POS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Layanan curhat online yang disediakan Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersama Komunitas Teman Baik masih dibuka hingga saat ini. Namun memasuki masa new normal, layanan curhat online ini mulai sepi peminat. Sesi konsultasi terakhir yang dilakukan yakni pada 14 Juni. Tak heran, sejak dibuka awal Maret, layanan curhat online ini hanya melayani 28 orang. Padahal layanan curhat online ini diberikan para psikolog, psikiater serta relawan profesional, termasuk komunikasi yang dilakukan berlangsung secara personal dan dijamin kerahasiaannya.

“Pogram layanan secara one on one yang diberikan Dinas Kesehatan bersama Komunitas Teman Baik telah berlangsung sejak 22 Maret kepada pasien yang terdampak Covid-19. Saat itu masyarakat yang ingin curhat dilakukan lewat DM Komunitas Teman Baik. Sedangkan sekarang bisa mengubungi kontak yang telah disediakan, yakni 082147148112,” ungkap Pelaksana Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kota Denpasar Luh Gde Gresia Arselina, Rabu (5/8).

Gresia menambahkan, layanan curhat online ini bisa dihubungi seluruh lapisan masyarakat dan segala usia. “Nomor ini bisa dihubungi seluruh karakter umum, baik tenaga medis, TNI dan Polri, untuk menyampaikan keluhannya atau masalah yang dihadapi pada masa pandemi Covid-19 ini,’’ ungkapnya.

Gresia pun mengaku saat awal-awal pandemi, memang banyak orang yang menggunakan layanan ini. Mereka kebanyakan cemas akibat pandemi serta ada pula yang curhat karena kehilangan mata pencaharian. Namun ketika memasuki new normal, layanan curhat ini belum ada lagi yang menggunakan. “Sekarang udah sepi. Belum ada yang berkonsultasi lagi,” kata dia.

Sebelumnya Dinas Kesehatan menggagas layanan curhat online ini untuk mendukung kesehatan jiwa dan psikososial masyarakat yang ingin berkeluh kesah, namun tak tahu harus kemana. Sehingga dapat mempengaruhi kondisi psikis akibat tertekan dan memendam emosi.

Gresia menyakinkan masyarakat yang ingin mendapat pelayanan ini tidak perlu ragu, karena identitas pasien atau warga yang curhat akan dirahasiakan. Sehingga masyarakat bisa mengubungi kontak pesan yang tersedia. Kemudian admin akan mengarahkan dengan memberikan form melalui whatsapp atau SMS. Agar bisa menentukan waktunya kapan bisa dihubungi oleh relawan yang terlatih, karena konseling diberikan secara online.

(bx/dhi/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news