Senin, 28 Sep 2020
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis

BI Optimistis Ekonomi Bali Tumbuh Positif pada Triwulan III

06 Agustus 2020, 22: 05: 13 WIB | editor : Nyoman Suarna

BI Optimistis Ekonomi Bali Tumbuh Positif pada Triwulan III

MASIH LESU: Suasana sepi di Pasar Seni Kuta, jelang pembukaan new normal, beberapa waktu lalu. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Selama Triwulan II tahun 2020, kondisi perekonomian Bali tercatat mengalami kontraksi yang cukup dalam sebagai akibat dari melemahnya ekonomi global. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mencatat, dampak Covid-19 terhadap perekonomian Bali pada triwulan II 2020 sangat besar, yaitu -10,98 persen  (yoy). Jauh lebih rendah dibanding triwulan sebelumnya yang tumbuh -1,14 persen (yoy).

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI)  Bali, Trisno Nugroho di Renon, Kamis (6/8) mengatakan, untuk triwulan III tahun 2020, diprediksi perekonomian Bali akan tumbuh ke arah positif. "Hal ini seiring strategi pemulihan tatanan ekonomi Bali melalui penerapan tatanan kehidupan baru pada sektor pariwisata dengan program Clean Healthy Safety and Environment Sustainability atau CSHE,” jelasnya.

Trisno menyampaikan, optimisme tersebut karena pemulihan wisatawan domestik diperkirakan akan berjalan lebih awal dibandingkan dengan pemulihan wisatawan mancanegara. Hal ini terkonfirmasi dari leading indicator jumlah kedatangan penumpang domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang tercatat sebesar 35.934 orang pada Juli 2020, atau tumbuh 468,94 persen (mtm).

Selain program CSHE, optimisme pemulihan ini juga terkonfirmasi dari pengolahan big data google trends yang mencerminkan bahwa minat wisdom dan wisman ke Bali sangat besar, di mana pencarian travel di Bali tercatat lebih tinggi dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia maupun destinasi wisata lainnya di kawasan Asia.

Peluang inilah, menurutnya harus dioptimalkan, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, sehingga pemulihan aspek ekonomi dan kesehatan dapat berjalan secara pararel. "Sehingga kondisi perekonomian di triwulan III bisa tumbuh positif dan mampu mampu memulihkan kondisi perekonomian Bali secara perlahan," paparnya.

(bx/gek/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news