Senin, 28 Sep 2020
baliexpress
Home > Bali Under The Moon
icon featured
Bali Under The Moon

Ngaku Seniman Gila, Pameran dan Edukasi Protokol Kesehatan

25 Agustus 2020, 18: 32: 41 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Ngaku Seniman Gila, Pameran dan Edukasi Protokol Kesehatan

CELULUK : Seniman Kadek Rudiantara saat di Pasar Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar menggunakan topeng Celuluk, Selasa (25/8).  (istimewa)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Kadek Rudiantara alias Aboetd menggunakan topeng Celuluk mengedukasi pedagang maupun pembeli di Pasar Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, Selasa (25/8). 

Dalam aksinya, seniman tandatangan asal Banjar Batanancak, Desa Mas itu, mengingatkan untuk mengutamakan menggunakan masker dan mencuci tangan saat keluar masuk pasar. Topeng Celuluk yang ia beri nama Si Loeloek Raider juga dipasangi masker. 

"Si Loeloek raider juga manusia takut sama virus Korona. Hari ini saya belanja ke Pasar Desa Mas beli pindang sama sayuran dan sekaligus ingin mengajak masyarakat untuk taat ikutin protokol kesehatan di masa new normal ini. Tujuannya supaya dijauhkan dari virus Korona," jelasnya. 

Ia mengaku  dirinya adalah seorang seniman gila yang sadar dirinya gila. Selain bertujuan berbelanja ke pasar, dia juga mendadak ingin membuat acara pameran lukisan di areal pasar tersebut. Sehingga ia memamerkan karya lukisannya kepada semua pedagang dan pengunjung pasar untuk menunjukkan jati dirinya sebagai salah satu seniman di desa kelahirannya. 

Lukisan yang dia pamerkan saat itu adalah luksisan gaya terbarunya, yaitu kombinasi lukisan cat air dengan drawing yang sudah lama menjadi ciri khas dari karya karyanya.

"Ada lukisan wajah -wajah cantik dan ada juga lukisan dengan tema alam spiritual. Ada juga kejadian lucu dalam acara pameran ini, karena seorang pengunjung pasar yang saya mintain tolong untuk pegang sebentar lukisan. Sampai di area parkir pasar, baru saya temukan lukisannya lagi, malah ibu -ibu itu mau bawa kabur lukisan," papar Aboetd. 

Ia juga menyampaikan, cara beda ini merupakan salah satu aksi si seniman gila Abeotd Art dan sekarang juga dikenal dengan julukan Si Loeloek Raider.  Ia mengaku ada juga pedagang yang berminat untuk membeli karya lukisnya, namun tidak jadi. 

"Sayang nasib belum beruntung hari ini karena belum cocok harga, lukisan gak jadi dibeli. Tetap semangat dan ingat selalu protokol kesehatan. Jadi seniman itu bebas, bebas itu indah, dan keindahan itulah yang merupakan semangat kita untuk berjuang melewati beratnya kehidupan ini," ujarnya. 

(bx/ade/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news