Senin, 28 Sep 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Talkshow Festival Rare Angon Dekil Ulas Sejarah Layangan

12 September 2020, 18: 55: 19 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Talkshow Festival Rare Angon Dekil Ulas Sejarah Layangan

TALKSHOW : Talkshow Festival Rare Angon di Jaba Tengah Pura Masceti, Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar, Sabtu (12/9).  (Putu Agus Adegrantika/Bali Express)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Festival Rare Angon Demen Kaliwat Liyang (Dekil) Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar, menggelar talkshow mengulas sejarah layangan. Kegiatan yang digelar di Jaba Pura Masceti, Desa Sayan, Sabtu (12/9) ini, mendatangkan pembicara dari praktisi layangan dan pelaku pariwisata. 

Talkshow dipandu moderator, Ni Made Gandi Sanjiwani dari Manager of Sayan Tourism Village dengan sangat elok, diisi diskusi bersama peserta layangan. Praktisi layangan dari Sandikala Bali, I Ketut  Gede Darmaputra menjelaskan, tradisi malayangan di Bali saat ini tidak lepas dari bertahannya tradisi dan budaya malayangan. 

"Sejarah layang-layang sampai sekarang bisa kita warisi karena merupakan warisan leluhur. Layangan bukan hanya hiburan semata, tapi  dapat mengembangkan destinasi serta mempertahankan budaya dan tradisi," jelasnya pria asli Desa Sayan tersebut.

"Jangan lihat dari foya-foya saja, tapi di sana ada perputaran ekonomi juga ada. Mulai dari pedagang bambu, plastik, tali, dan bahan lainnya," papar pria yang akrab disapa Tut Lek tersebut. 

Ia juga mengharapkan dari malayangan menjaga kerukunan, tali persaudaraan di desa adat maupun desa luar. "Jangan sampai dari malayangan malah kita terpecah,  namun dari malayangan agar menuju Sayan hebat," tandasnya. 

Sementara Marketing Godevi, I Gede Made Sukariyanto, menambahkan, dengan malayangan berarti Rare Angon akan tetap bertahan, sebab dapat memberikan manfaat positif edukasi agar tidak lupa pada akarnya, khususnya pada sektor pariwisata. Sebab, tradisi malayangan merupakan warisan tradisi dan budaya yang juga sangat erat dengan dunia pariwisata budaya.

(bx/ade/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news