Senin, 28 Sep 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Edi Wirawan Prioritaskan Pertanian, Siap Subsidi Petani

13 September 2020, 20: 40: 14 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Edi Wirawan Prioritaskan Pertanian, Siap Subsidi Petani

CALON : Calon Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan. (Dewa Rastana/Bali Express)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Sektor pertanian merupakan sektor yang paling diprioritaskan jika pasangan calon (paslon) Jaya-Wira menang dalam Pilkada Tabanan 2020. Sebab, apabila sektor pertanian telah berjalan baik, maka perekonomian masyarakat pun akan kembali menggeliat di masa pandemi Covid-19.

Calon Wakil Bupati Tabanan dari PDIP, I Made Edi Wirawan, mengatakan, adanya pandemi Covid-19 memang sangat memprihantinkan, terutama kondisi perekonomian masyarakat. Agar perekonomian masyarakat yang terpuruk kembali menggeliat, lanjutnya, sektor yang harus diperhatinkan adalah pertanian.

"Pertanian dalam arti luas, dimana Bali dahulu bukan tujuan pariwisata, tapi bagaimana subak betul-betul dilaksanakan sehingga banyak wisatawan tertarik datang ke Bali dan menggeliatkan perekonomian masyarakat, sehingga terjadilah pariwisata di Bali," paparnya, Minggu (13/9).

Apalagi Tabanan memiliki kawasan subak yang luas, salah satunya Jatiluwih, serta kawasan perkebunan. Dengan demikian, ketika pariwisata pulih, pertanian akan turut bersinergi untuk menggeliatkan pariwisata. 

"Kita sudah berupaya agar bagaimana membuat irigasi dari hulu sampai hilir. Memang belum sempurna, tapi tetap kita utamakan perbaikan-perbaikan yang ada di subak-subak," imbuhnya.

Di samping itu, pihaknya nantinya juga akan menekankan regulasi, agar tidak ada lagi permasalahan klasik yang sering terjadi di sektor pertanian, seperti kelangkaan pupuk dan sebagainya.

Sedangkan untuk mengatasi harga komoditas pertanian yang sering kali anjlok, politisi PDIP asal Beraban itu, mengatakan, Jaya-Wira bersama pihak eksekutif dan legislatif nantinya juga akan membuat regulasi yang didalamnya mengatur standar harga terendah. Sehingga ketika panen raya, harga tidak anjlok.

 "Disinilah peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk memberikan perhatian serius, dan kami paket Jaya-Wira bila sebagai Bupati dan Wakil Bupati nanti, siap mensubsidi petani," tegas Edi Wirawan.

Sebagai politisi yang memiliki background pengusaha, dirinya juga akan membantu petani dalam hal memasarkan produk pertanian, agar tidak hanya diserap oleh pasar lokal, namun juga diserap hotel dan restoran, bahkan diekspor ke luar negeri.

"Kita punya banyak produk pertanian dan perkebunan, misalnya di Pupuan ada kopi, salak, manggis, itu akan kita carikan bapak-bapak angkat, untuk diambil produknya dan diekspor," tandasnya. 

(bx/ras/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news