Senin, 28 Sep 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Stok Darah Turun Drastis, Masyarakat Diharapkan Tak Takut Donor

13 September 2020, 21: 05: 05 WIB | editor : Nyoman Suarna

Stok Darah Turun Drastis, Masyarakat Diharapkan Tak Takut Donor

DONOR DARAH: Bupati Giri Prasta menghadiri acara donor darah massal serangkaian HUT ke 42 PDDI Provinsi Bali di Banjar Segara Kuta, Sabtu (12/9). (ISTIMEWA)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Stok darah Palang Merah Indonesia (PMI), khususnya di Bali menurun hingga 80 persen sejak pandemi Covid-19. Kondisi ini terjadi akibat kekhawatiran masyarakat mendatangi Unit Transfusi Darah PMI. Hal itu diungkap Ketua Pengurus Daerah Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Provinsi Bali, Ketut Pringgantara, di sela donor darah masal serangkaian HUT ke-42 PDDI Provinsi Bali di Banjar Segara Kuta, Sabtu (12/9).

Terkait hal itu, Pringgantara pun menggencarkan kegiatan donor darah. Kegiatan ini, menurutnya, wujud tali kasih kepada masyarakat yang membutuhkan darah di masa pandemi Covid-19. “Kegiatan donor darah ini sebagai wujud dukungan kami kepada negara dan pemerintah. Melalui kegiatan ini pula, kami berharap masyarakat sehat, ekonomi sehat, dan pariwisata Bali segera pulih kembali,” ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut, untuk memenuhi kebutuhan darah, PMI dan PDDI gencar melakukan donor darah secara jemput bola, seperti dilakukan di Banjar Segara Kuta. Kegiatan donor darah diikuti anggota TNI/Polri, serta masyarakat dari 13 banjar yang ada di wilayah Desa Adat Kuta. Tak ketinggalan, wisatawan mancanegara juga ikut berpartisipasi. Pihaknya pun menarget 300 kantong pada kegiatan sosial yang diprakarsai tokoh masyarakat Kuta, yang juga anggota DPRD Badung Ni Luh Gede Sri Mediastuti ini.
Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta pada kesempatan itu menyerahkan bantuan pribadi berupa uang tunai sebesar Rp 30 juta yang diterima Ketua PDDI Bali. Ia selaku kepala daerah memberikan apresiasi kepada PMI dan PDDI Bali yang selalu proaktif membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan darah. “Saya mengajak masyarakat untuk tidak perlu takut donor darah, khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini. Karena petugas melakukan protokol kesehatan yang ketat. Jadi kami selaku kepala daerah sudah pasti akan selalu mendukung dan memfasilitasi sepenuhnya kegiatan ini di waktu mendatang,” tegasnya.

Menurut Giri Prasta, kegiatan donor darah ini sebagai perwujudan konsep Tri Hita Karana, yaitu membantu pemenuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Didasari semangat berbagi tulis ikhlas membantu sesama, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi masyarakat lainnya untuk ikut menyumbangkan darahnya.

Acara ini turut dihadiri anggota DPRD Badung AA Anom Gumanti, Karo SDM Polda Bali Kombespol Bony Johannes Sanganadi Sirait, Perwakilan Diskes Bali dan Badung, Ketua PMI Bali IGB Alit Putra, Camat Kuta Nyoman Rudiarta, Lurah Kuta dan Kelian Adat Banjar Segara.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news