Minggu, 20 Sep 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Rangkaian Pujawali, Pesona Bukit Lempuyang Ditutup Lima Hari

13 September 2020, 21: 19: 52 WIB | editor : Nyoman Suarna

Rangkaian Pujawali, Pesona Bukit Lempuyang Ditutup Lima Hari

DITUTUP: Objek wisata di kawasan Pura Penataran Agung Lempuyang, Desa Purwayu, Karangasem. (DOK. JAWA POS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan berkunjung ke kawasan suci Pura Lempuyang, Desa Adat Purwayu, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Karangasem, harus menunda kedatangan. Kawasan wisata pesona Bukit Lempuyang dan sekitarnya ditutup selama lima hari sejak 16 September mendatang karena digelarnya Puja Wali di Pura Sad Kahyangan Lempuyang.

Desa Adat Purwayu telah mengeluarkan surat perihal pelaksanaan rangkaian pujawali yang sedianya berlangsung 16-20 September. Untuk puncak upacaranya 17 September. Kawasan tersebut dibuka kembali untuk wisatawan mulai 21 September.

Bendesa Adat Purwayu I Nyoman Jati membenarkan, penutupan objek wisata di sekitar pura dilakukan agar pelaksanaan upacara berjalan lancar. Diharapkan tidak ada aktivitas lain di luar rangkaian kegiatan keagamaan. Maka, pemandu wisata maupun wisatawan yang melakukan perjalanan mandiri diminta untuk menunda kedatangannya.

"Rangkaian upacara sudah dimulai per tanggal 16 September nanti. Jadi selama itu, objek wisata panorama Bukit Lempuyang dan sekitarnya ditutup. Selama ini kan area madya mandala pura juga dikunjungi pelancong," kata Nyoman Jati, Minggu (13/9).

Puncak piodalan di Pura Lempuyang Luhur berlangsung pada Wraspati Umanis Wuku Dungulan atau sehari setelah Hari Raya Galungan. Setelah itu, rentetannya akan berlangsung hingga 20 September.

Meski di luar area pura juga disediakan titik untuk swafoto, namun itu tetap saja ditutup agar tidak terjadi penumpukan kunjungan saat upacara. "Jadi dipastikan pelaksanaannya ramai. Persembahyang tidak terganggu. Kalau ada wisatawan di parkir jadi akan terpecah nanti," ucapnya.

Untuk diketahui, di kawasan suci Pura Lempuyang juga dibangun objek wisata foto yang menyajikan panorama Gunung Agung dari ketinggian. Lokasinya berada di luar madya mandala Pura Penataran Lempuyang. Sementara jaba tengah pura selama ini juga ramai dikunjungi karena dua pasang candi bentar menjadi ikonik. Wisatawan dapat berfoto di dua lokasi itu.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news