Minggu, 20 Sep 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Bupati Mahayastra  Jalankan Tradisi Mapatung Jelang Galungan

14 September 2020, 20: 17: 31 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Bupati Mahayastra  Jalankan Tradisi Mapatung Jelang Galungan

MAPATUNG : Bupati Mahayastra langsung ikut memotong daging  babi untuk dibagikan kepada staf, Senin (14/9). (istimewa)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS -Bupati  Gianyar, Made Mahayastra bersama jajaran OPD dan staf menjelang perayaan Galungan melakukan mapatung, menyembelih tiga ekor babi untuk dibagikan merata, Senin (14/9) di halaman belakang kantor Bupati Gianyar.

Bupati Mahayastra menjelaskan, ini sebagai ajang kebersamaan, dimana awalnya tidak pernah memotong secara langsung, jadinya ikut serta berbaur dengan staf bersama memotong daging.

"Sebenarnya dari dahulu sudah dilakukan, semenjak jadi Ketua DPRD 2004, 16 tahun lalu. Hanya saja dilakukan dengan kelompok yang berbeda-beda. Dengan sekretariat DPC, staf, anggota DPRD beserta staf, kali ini dengan staf di Pemkab," jelasnya. 

Ia mengatakan, merayakan Hari Raya Galungan bukan hanya sebatas ritual dan memuja Ida Sang Hyang Widhi, tetapi didalamnya juga ada proses sosial dan kemasyarakatan. "Disanalah kita nikmati prosesnya berbagi, tak salah Bung Karno mengatakan dimana ada kemiskinan di sana Tuhan yang kita sembah bersemayam," paparnya. 

Dalam kesempatan itu, Mahayastra juga mengucapkan terimakasih karena awalnya tidak pernah atau terbiasa memotong babi, tapi sekarang bersama mencoba memotong babi.

"Ini semata-mata untuk mejaga kebersamaan, karena Gianyar harus dibangun bersama-sama, harus dijaga bersama-bersama,  tidak mungkin hanya seorang bupati bisa menyelesesaikan semua permasalahan yang ada," ucapnya. 

Ditambahkannya, setiap Galungan sekitar 20 babi dipotong bersama staf dan jajaran DPC. "Kalau di rumah dengan staf ada 12 ekor, ditambah disini dan dengan sekretariat ada sekitar 20 ekor, Itu dilakukan setiap Galungan," imbuh pria asal Payangan ini.

(bx/ade/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news