Senin, 28 Sep 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Dua Bakal Paslon Pilkada Tabanan Sehat, Lolos Administrasi

14 September 2020, 20: 41: 37 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Dua Bakal Paslon Pilkada Tabanan Sehat, Lolos Administrasi

HASIL TES : Suasana penyerahan hasil tes kesehatan dan verifikasi administrasi bakal paslon, Senin (14/9). (Dewa Rastana/Bali Express)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Dua bakal pasangan calon (paslon) dalam Pilkada Tabanan 2020 dinyatakan memenuhi syarat dalam tes kesehatan yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan.

Dengan demikian kedua bakal paslon tersebut lolos untuk mengikuti tahapan Pilkada selanjutnya. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa, Senin (14/9).

"Tanggal 12 kemarin hari terakhir verifikasi keabsahan dokumen sebagai persyaratan administrasi, dan di hari yang sama juga kita terima hasil tes kesehatan dari RSUP Sanglah yang diambil langsung oleh Komisioner kita ke RSUP Sanglah," paparnya.

Hasilnya kedua bakal paslon telah memenuhi persyaratan baik dari segi kesehatan maupun dari persyaratan administrasi. Dari segi kesehatan keempat orang dari dua paket bakal paslon, yakni pasangan I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan dan AA Ngurah Panji Astika-I Dewa Nyoman Budiasa, dinyatakan sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

"Hasil pemeriksaan kesehatan itu telah kita serahkan ke masing-masing paslon, paket Jaya-Wira diwakili oleh LO dan paket Panji-Budi diserahkan langsung ke AA Ngurah Panji," imbuhnya.

Pihaknya pun mengaku bersyukur karena tidak ada bakal paslon yang terkonfirmasi Covid-19, meskipun hal tersebut tidak akan menggugurkan paslon. Dengan demikian, tahapan Pilkada bisa berjalan sesuai jadwal. 

"Kalau ada  misalnya bakal calon yang positif, hanya tahapannya yang ditunda. Yang positif ini menjalani isolasi sampai sembuh, jadi akan molor tahapannya," jelas Weda Subawa.

Sedangkan dalam tahapan verifikasi keabsahan dokumen administrasi, pihaknya sempat menemui kendala, yakni tidak bisa melakukan faktual ke Universitas Brawijaya untuk verifikasi ijazah dari AA Ngurah Panji.

"Sebelumnya kita bersurat dulu ke Universitas Brawijaya (Unbra), tetapi jawaban dari Unbra tidak mengizinkan kita untuk datang kesana karena ada penyebaran Covid-19, jadi kita kirimkan berkas saja apa yang harus mereka isi tanpa harus kita kesana," bebernya.

Sedangkan untuk verifikasi ijazah I Made Edi Wirawan ke STIE Tri Buana yang ada di Jakarta, pihaknya diizinkan selama menerapkan protokol kesehatan. 

Dan, setelah hasil verifikasi administrasi diumumkan, maka saat ini memasuki tahap perbaikan hingga tanggal 23 September 2020 untuk selanjutnya langsung dilakukan penetapan pasangan calon pada tanggal 23 September juga. "Kemudian tanggal 24 September akan dilakukan pengundian nomor urut dan tanggal 26 kampanye pertama dimulai," tandasnya. 

(bx/ras/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news