Sabtu, 24 Oct 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Cara Memperlambat Munculnya Katarak

07 Oktober 2020, 22: 20: 48 WIB | editor : Nyoman Suarna

Cara Memperlambat Munculnya Katarak

Dokter I Wayan Gede Jaya Negara, Sp.M(K), Spesialis Mata RSUP Sanglah (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Katarak merupakan ganguan penglihatan, dan kekeruhan pada lensa mata. Katarak bisa mengenai satu atau kedua mata sekaligus dan dapat menyebabkan kebutaan. “Penyebab utama kebutaan di dunia, dan di Indonesia adalah katarak itu,” jelas dr I Wayan Gede Jaya Negara, Sp.M(K), Spesialis Mata RSUP Sanglah.

Dikatakan olehnya, terdapat empat jenis penyakit katarak. Pertama adalah katarak karena usia lanjut. “Semua orang akan mengalami katarak ini, karena proses penuaan. Kedua adalah katarak yang didapat sejak lahir, dan katarak yang didapatkan karena penyakit, misalnya penyakit diabetes atau kencing manis,” jelas dr. Jaya Negara lebih lanjut.

“Yang terakhir (jenis keempat) adalah katarak traumatic, yakni karena trauma pada mata,” lanjutnya.

Lantas siapa yang beresiko menderita katarak? Dokter Jaya Negara menjelaskan, siapa pun beresiko menderita katarak, mulai dari bayi hingga lansia. “Pertama penderita kencing manis dengan gula darah tidak terkontrol dan ada orang-orang dewasa di atas 60 tahun, karena usia lanjut dan proses penuaan. Kemudian bayi lahir dan anak, karena ibunya menderita rubella, tokso, selama hamil,” paparnya.

Untuk penanganan katarak, hingga saat ini hanyalah dengan operasi. “Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghambat munculnya katarak lebih cepat. Diantaranya melakukan pola hidup sehat, menghindari trauma pada mata, baik trauma benturan, kimia, atapun cahaya atau sinar matahari,” tandas dokter spesialis mata ini.

(bx/ran/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news