Sabtu, 28 Nov 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Maknai Bulan Bahasa, Baca Cerpen Bahasa Bali Digelar Online

16 Oktober 2020, 01: 27: 11 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Maknai Bulan Bahasa, Baca Cerpen Bahasa Bali Digelar Online

LOMBA : Lomba membaca cerita pendek (Cerpen) Bahasa Bali online. (Putu Agus Adegrantika/Bali Express)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS –Meski gerak terbatas di tengah pandemi Covid-19, tidak menjadi halangan bagi Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Blahbatuh menjalankan program kegiatannya. 

Di bulan Oktober ini, dalam memaknai Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, Penyuluh Bahasa Bali menggelar lomba membaca cerpen Bahasa Bali online. 

"Dengan semangat pemuda yang bersemangat, diharapkan mampu turut berperan dalam memajukan bahasa sebagaimana yang tertuang dalam teks Sumpah Pemuda melalui pelestarian Bahasa Ibu,” jelas Koordinator Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Blahbatuh, Ni Wayan Miani, Kamis (15/10).

Tak disanggahnya, sebagian jarang mau belajar budayanya sendiri, khususnya terkait dengan bahasa, aksara, dan kesusastraan Bali. Dengan digelarnya lomba ini,  lanjutnya, generasi muda yang memiliki bakat memiliki tempat untuk dapat menyalurkan, mengembangkan, dan mengasah potensi serta bakat mereka di bidang kesusastraan Bali.

“Lomba ini diharapkan dapat memunculkan motivasi remaja untuk belajar mengasah diri, mengembangkan kualitas diri menjadi lebih berprestasi. Selain itu, lomba ini bertujuan mencari bibit-bibit yang memiliki potensi di bidang Bahasa Bali untuk dapat dikembangkan lebih lanjut,” sambung Miani.

Ditambahkan, kegiatan tersebut dimulai sejak 21 September 2020 hingga 24 Oktober 2020. Mulai proses pendaftaran, lomba membaca cerpen, penjurian, dan pada 24 Oktober nanti akan diumumkan pemenangnya. “Untuk juaranya nanti dari panitia telah menyediakan piagam dan uang pembinaan,” imbuhnya.  

(bx/ade/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news