Sabtu, 24 Oct 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Kawal Orang Joging, Propam Polda Bali Periksa Oknum Polisi

16 Oktober 2020, 19: 28: 43 WIB | editor : Nyoman Suarna

Kawal Orang Joging, Propam Polda Bali Periksa Oknum Polisi

KAWAL ORANG JOGING : Tampak mobil Patwal mengawal orang joging di jalan. (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Video mobil Patwal Polisi mengawal tiga  orang yang sedang berlari di Jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar viral di media sosial. Pada Jumat (16/10), video tersebut sudah ditonton ribuan orang.

Propam Polda Bali rupanya tidak tinggal diam melihat kejadian yang diduga menyalahi prosedur pengawalan tersebut. Kabid Humas Polda Bali Kombespol Syamsi membenarkan adanya Patwal yang diduga menyalahi prosedur. “Petugas yang melakukan pengawalan sedang diperiksa oleh Propam,” jawab Syamsi saat dikonfirmasi.

Kabid Humas tidak menampil adanya dugaan unsur menyalahi Standar Operasional Prosedur (SOP). “Memang terdapat dugaan pelanggaran SOP. Yang namanya pengawalan, ada persyaratan yang harus dipenuhi. Jadi, hal itu diduga tidak sesuai SOP,” bebernya lagi.

Dalam video tersebut, terlihat tiga orang yang sedang berlari di Jalan By Pass Ngurah Rai Denpasar, dikawal oleh Patwal Polisi. Mobil Patwal berada di depan pelari  dan sebuah mobil putih berada di belakangnya. Mereka dikawal sampai ke tujuan, sebuah tempat penginapan.

Lebih jauh Kombespol Syamsi menerangkan, polisi yang bertugas tersebut sudah diperiksa sejak siang tadi. “Mulai diperiksa sejak siang tadi. Jadi belum terkonfirmasi hasilnya bagaimana, karena baru hari ini diperiksa,” lanjutnya.

Pihak Polda Bali masih enggan membeberkan siapa sebenarnya orang yang dikawal oleh Patwal tersebut. “Saya tidak tahu yang dikawal siapa, tapi kami fokus melakukan pemeriksaan terkait dugaan kesalahan anggota terkait SOP pengawalan. Jadi bukan siapa yang dikawal,” tandasnya.

Mengenai sanksi yang kemungkinan akan diberikan, Kombespol Syamsi mengungkapkan, belum dapat diketahui karena masih dalam pemeriksaan.

Dari beberapa sumber, warga biasa sebenarnya bisa mendapatkan pengawalan Patwal, tetapi harus terlebih dahulu mengajukan surat resmi ke Polda setempat, mengenai maksud dan tujuan pengawalan. Polisi akan menilai, apakah pengajuan tersebut berhak atau tidak mendapat pengawalan.

Masyarakat bisa langsung meminta pengawalan polisi secara lisan jika berada dalam keadaan darurat seperti kecelakaan, orang sakit, atau pemakaman.

(bx/ris/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news