Rabu, 28 Oct 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Masyarakat Mulai Lalai, Tim Gabungan Gencarkan Operasi Prokes

17 Oktober 2020, 07: 15: 59 WIB | editor : Nyoman Suarna

Masyarakat Mulai Lalai, Tim Gabungan Gencarkan Operasi Prokes

OPERASI PROKES : Tim gabungan melakukan operasi prokes di Jalan Raya Takmung, Klungkung, Jumat (16/10). (ISTIMEWA)

Share this      

SEMARAPURA, BALI EXPRESS - Covid-19 masih menjadi ancaman.  Namun masyarakat Klungkung yang sempat tertib menerapkan protokol kesehatan (prokes), kini mulai lalai. Hal tersebut diungkapkan Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Klungkung I Putu Suarta, Jumat (16/10).

Menurut Suarta, sejumlah masyarakat Klungkung mulai lalai. Hal itu  terlihat dari kasus pelanggaran. Salah satunya tidak menggunakan masker atau penggunaan masker tidak baik dan benar yang terjaring operasi gabungan Satpol PP, polisi, TNI dan pihak lainnya. Ada tren kenaikan jumlah pelanggar. Namun Suarta tak merici seberapa besar kenaikan itu. 

Ia sebatas menyebutkan bahwa berdasarkan hasil operasi setelah berlakunya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Prokes Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, sebanyak 29 orang terjaring tidak menggunakan masker dan akhirnya didenda masing-masing Rp 100 ribu. Jumlah pelanggar itu belum termasuk  yang diberikan teguran lisan, tertulis hingga sanksi sosial dan lainnya. “Kalau termasuk sanksi di luar denda, banyak,” ujar Suarta usai menggelar operasi di Jalan Raya Takmung, Banjarangkan. 

Disebutkannya, sebagian besar pelanggar beralasan lupa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Ada juga berdalih keluar tak jauh dari rumahnya. “Itu sekadar alasan saja. Masyarakat mulai lalai karena mungkin merasa Klungkung sudah zona oranye,” sambung Suarta. 

Hal tersebut, lanjut birokrat yang juga ketua PHDI Klungkung ini, tidak boleh terjadi. Zona orange bukan berarti sudah aman. Prokes harus tetap dijalankan sehingga Covid-19 cepat berlalu. Masyarakat aman, bisa beraktivitas secara normal sehingga kondisi perekonomian pun membaik. “Jangan baru zona oranye sudah berulah,” katanya mengingatkan. Melihat ketaatan masyarakat mulai turun mengikuti prokes, pejabat asal Lingkungan Pegending, Kelurahan Semarapura Kauh ini menyatakan akan lebih gencar melakukan operasi prokes. 

Sementara itu, berdasarkan hasil operasi tim gabungan di Jalan Raya Takmung, terdapat  13 orang terjaring karena tidak menggunakan masker dengan baik dan benar. Mereka diberikan surat teguran. Selain itu, ada 15 orang dikenakan masing-masing Rp 100 ribu karena tidak menggunakan masker. “Tujuan operasi yustisi adalah untuk menertibkan masyarakat   agar disiplin dan mengikuti protokol kesehatan serta sadar akan bahayanya Covid-19,” ujar Wakapolres Klungkung Kompol Sindar Sinaga di lokasi operasi.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news