Sabtu, 24 Oct 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Industri Perhotelan Terapkan Kebijakan Baru Layani Tamu

18 Oktober 2020, 04: 50: 59 WIB | editor : Nyoman Suarna

Industri Perhotelan Terapkan Kebijakan Baru Layani Tamu

DIBATASI : Aktivitas tamu hotel yang menggunakan fasilitas bersama seperti kolam renang dan gym dibatasi. (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS- Selain memberikan potongan harga kepada wisatawan domestik yang datang dan menginap di hotel dan akomodasi lainnya di Bali, industri pariwisata juga menerapkan beberapa kebijakan untuk melayani wisatawan domestik yang datang ke Bali.

Ada beberapa kegiatan yang dibatasi, terkait dengan penerapan protokol kesehatan (prokes), antara lain penyelenggaraan acara hingga aktivitas di restoran hotel. Para tamu dan karyawan wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta wajib mencuci tangan dengan sabun.

Mutia Sarie, Marcomm Manager Anantara Seminyak Bali Resort, Rabu (14/10) menjelaskan, pembatasan kegiatan yang dilakukan di hotel ini memang sudah menjadi kebijakan dari pihak managemen.

"Pembatasan kegiatan yang dimaksud adalah, pihak hotel meminimalkan adanya aktivitas berkumpul baik itu di restoran ataupun di kolam renang," jelasnya.

Dilanjutkan Mutia, selain pembatasan kegiatan di tempat bersama, untuk beberapa aktivitas yang biasa dilakukan oleh tamu hotel secara bersama-sama seperti spa, gym dan lain sebagainya, untuk saat ini juga dilakukan penyesuaian.

Seperti untuk aktivitas gym, sebelum melakukannya tamu hotel harus melakukan reservasi terlebih dahulu, karena jumlah tamu yang melakukan gym di dalam satu ruangan dibatasi. "Kami melakukan pembatasan jumlah orang di dalam satu ruangan. Jumlahnya tidak boleh lebih dari dua orang dan masih ada hubungan kekerabatan, atau rekan sekamar," lanjutnya.

Selanjutnya adalah fasilitas spa. Untuk fasilitas ini, selain terapis yang menggunakan alat pelindung diri seperti masker faceshield dan sarung tangan, tamu hotel yang melakukan spa juga diwajibkan memakai masker selama spa.

Untuk harga, Mutia mengatakan sama halnya dengan hotel lain, pihaknya juga melakukan penyesuaian harga. "Penyesuaian harga ini kami lakukan supaya para tamu lebih nyaman untuk datang dan menginap di tempat kami. Untuk penyesuaian harga ini, kami juga melakukan kerjasama dengan operator penjualan, salah satunya tiket.com," paparnya.

Sementara itu, terkait penyesuaian harga kamar hotel, Daniel Tony Wibowo, Market Manager Tiket.com Bali Nusra mengakui, memang sengaja merancang program untuk menggairahkan industri pariwisata di Bali dengan memberikan diskon khusus kepada wisatawan domestik yang ingin berlibur ke Bali. "Fokus programnya untuk mendukung pariwisata domestik dan mengajak pelanggannya bangga menjadi turis di negeri sendiri khususnya Bali,” jelas.

(bx/gek/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news