Sabtu, 28 Nov 2020
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis

Kena PHK, Manajer Restoran Banting Stir Buka Warung Makan

23 Oktober 2020, 05: 29: 56 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Kena PHK, Manajer Restoran Banting Stir Buka Warung Makan

MAKANAN : Gede Edi Indrawan, 29, menyiapkan pesanan makanan di warungnya, Kamis (22/10) (Gde Riantory/Bali Express)

Share this      

NEGARA, BALI EXPRESS - Dampak pandemi Covid-19 memaksa sejumlah usaha yang bergerak di sektor pariwisata harus tutup. Akibatnya, ribuan karyawan tak luput dari pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Seperti yang dialami I Gede Edi Indrawan, 29, warga Banjar Ketiman, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, yang sebelumnya bekerja sebagai Manajer di De Sapphure Cliff Villa di Kelurahan Pecatu, Kabupaten Badung.

"Sejak Desember 2019, sempat bekerja di vila. Namun sejak ada virus Corona, restoran tutup sejak Maret 2020,” ujar Edi, saat ditemui di rumahnya, Kamis (22/10).

Kondisi itu, lanjutnya, mengakibatkan dirinya di-PHK. Meski demikian, Edi mengaku tetap bersyukur karena perusahaan masih memberikan uang pesangon. “Saya bersyukur dapat pesangon sekali gaji, jadi bisa dipakai tambahan modal usaha,” imbuhnya.

Setelah resmi di-PHK, suami dari Gusti Ayu Ria Rosa Oktami itu, memilih banting stir membuka usaha warung makan. Awalnya ayah dari dua orang anak itu, pada Maret 2020 memilih berjualan di Pasar Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo.

Namun, karena memiliki bayi dan juga karena kondisi ayahnya yang sakit, akhirnya ia memutuskan pindah buka warung di depan rumahnya di Manistutu sejak pertengahan September lalu.

Dengan keahliannya memasak, Edi memilih berjualan bakwan, lontong tahu, cap cay, es, dan makanan lainnya. “Sekarang berjualan di depan rumah, sekalian merawat ayah yang sakit,” terangnya.

Dengan berjualan di rumah, putra pertama dari pasangan Ketut Sutama dan Ni Made Suastini itu, mengaku hasilnya bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. “Kalau pas rame, pendapatan bersihnya bisa mencapai Rp 300 ribu. Ya tergantung situasi juga,” pungkasnya. 

(bx/tor/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news