Jumat, 04 Dec 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Sehari, Satu Banjar di Blahbatuh Kumpulkan 1,7 Ton Sampah Plastik

23 Oktober 2020, 18: 38: 48 WIB | editor : Nyoman Suarna

Sehari, Satu Banjar di Blahbatuh Kumpulkan 1,7 Ton Sampah Plastik

SAMPAH : Suasana penukaran sampah plastik dengan beras di Banjar Banda, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. (ISTIMEWA)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS – Aksi gotong royong plastik exchange dilakukan di Banjar Banda, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Kamis (22/10) sore. Dalam aksi itu sekitar 1,7 ton sampah plastik dapat dikumpulkan dalam sehari yang ditukarkan langsung dengan beras kepada warga.  

Kelian Dinas Banjar Banda, Kadek Merta Anggara, Jumat (23/10) menyampaikan, kegiatan itu bisa dilakukan berkelanjutan, meski kendala yang dialami saat ini adalah soal pendanaan  saat membeli beras atau sponsor yang ikut di dalam aksi. “Semoga kegiatan berlanjut sehingga  tercipta lingkungan yang bebas sampah plastik. Selain itu, warga juga bisa memilah plastik secara mandiri dari rumah,” jelasnya.

Disampaikan, plastik sebanyak itu dikumpulkan anak-anak hingga orang dewasa yang dipungut di sekitar lingkungan Banjar Banda. Plastik tersebut dikumpulkan jauh hari sebelum hari penukaran tiba. Sehingga warga bisa lebih banyak dapat mengumpulkan plastik, kemudian ditukarkan dengan beras. 

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 192 orang berpartisipasi untuk menukarkan sampah plastiknya. Didapat sebanyak 1.798,5 kilogram sampah plastik atau 1,7 ton sampah. “Dalam kegiatan ini kami dapatkan sekitar 1,7 ton sampah plastik, yang kemudian diangkut ke tempat pendaur ulang,” sambungnya.

Perbekel Desa Saba, Ketut Redhana menambahkan, kegiatan tukar sampah plastik ini akan berlanjut di sejumlah banjar di Desa Saba. Karena itu, pihaknya tengah menyusun RAPBDes 2021. Dalam penyusunan tersebut tengah dicari juknis agar kegiatan serupa bisa dianggarkan pada tahun 2021. “Sesuai harapan kami, agar tercipta lingkungan Desa Saba bersih dari sampah plastik. Kami masih mencari pos kegiatanya agar bisa dianggarkan di APBDes 2021,” imbuhnya.

(bx/ade/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news