Jumat, 04 Dec 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

KPU Tabanan Distribusikan Salinan DPT ke PPS

23 Oktober 2020, 21: 06: 05 WIB | editor : Nyoman Suarna

KPU Tabanan Distribusikan Salinan DPT ke PPS

DISTRIBUSI DPT: Jajaran KPU Tabanan saat persiapan pendistribusian salinan DPT ke PPS, Jumat (23/10). (ISTIMEWA)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS – Pasca ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT), maka Jumat (23/10), KPU Tabanan kembali melanjutkan tahapan tersebut, yakni pengumuman salinan DPT yang akan dilakukan PPS di masing-masing kantor desa, balai banjar, dan tempat umum yang strategis.

Ketua Divisi Program, Data dan Informasi KPU Tabanan I Ketut Sugina mengatakan, sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, KPU Tabanan telah membuat timeline distribusi DPT kepada PPS untuk nanti diumumkan mulai 28 Oktober.

Ditambahkannya, KPU telah menetapkan DPT Pilkada Tabanan 2020 pada 16 Oktober 2020 sebanyak 362.813 pemilih. Terdiri 178.411 pemilih laki-laki dan 184.402 pemilih perempuan. “Semua pemilih tersebut tersebar di 1.130 TPS, yakni di 133 desa,” katanya Jumat.

“Sehari setelah pleno DPT, kami juga sudah mulai cetak, dan hari ini (kemarin, Red) sudah semuanya selesai, dan siap didistribusikan ke PPS melalui PPK,” sambungnya.

Dengan proses pendistribusian salian DPT, pihaknya juga sudah meminta kepada PPK dan PPS untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu terkait hasil cetakan. “Kami distribusikan sengaja lebih awal, sehingga jajaran kami bisa melakukan pengecekan lebih dahulu sebelum DPT diumumkan ke publik. Siapa tahu ada yang tertukar atau cetakannya tidak bagus, sehingga ada cukup waktu melakukan cetak ulang,” tutur Sugina.

Sebab sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020, penyampaian DPT ke PPS paling lambat 26 Oktober, maka ada waktu tiga hari bagi PPK untuk malakukan pengecekan, sebelum disampaikan ke PPS. “Nanti kami jadwalkan pengumuman dan penempelan DPT serentak 28 Oktober, sesuai dengan PKPU,” sambungnya.

Lebih lanjut, pria yang juga mantan wartawan itu menyebutkan, jumlah DPT yang dicetak sebanyak tiga rangkap dengan tidak menampilkan NIK secara utuh, guna melindungi informasi pribadi dari pemilih. Sesuai dengan PKPU Nomor 19 Tahun 2019, pasal 20 ayat 10, maka pihaknya mencetak salinan DPT Pilkada Tabanan 2020 sebanyak tiga rangkap.

Nantinya salinan tersebut satu rangkap diumumkan di 133 kantor desa. Satu rangkap diumumkan di balai banjar atau tempat strategis lainnya. Dan satu rangkap lagi untuk arsip PPS. “Dengan diumumkan dan ditempelkannya salinan DPT ini, nantinya masyarakat dapat pengetahui apakah dirinya sudah terdaftar dan terdaftarnya di TPS berapa. Maka kami harapkan masyarakat ikut berperan aktif dalam mengetahui menggunakan hak pilihnya nanti pada 9 Desember 2020,” tandasnya.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news