Sabtu, 28 Nov 2020
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

Debat Perdana Paslon Pilkada Badung Wajib Taati Prokes

24 Oktober 2020, 06: 10: 59 WIB | editor : Nyoman Suarna

Debat Perdana Paslon Pilkada Badung Wajib Taati Prokes

Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Debat perdana pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Badung akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung, Sabtu (24/10) di Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Lantaran debat berupa pendalaman visi dan misi oleh panelis, sebelumnya masyarakat telah diberi kesempatan mengajukan usulan pertanyaan. Usulan pertanyaan yang diterima pun dirangkum dan saat debat akan disampaikan oleh moderator kepada paslon.
Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta, Jumat (23/10), mengungkapkan, pertanyaan tersebut akan dibacakan moderator saat debat terbuka berlangsung. “Jadi nanti akan dibacakan oleh moderator,” ungkapnya.
Kayun Semara sapaannya, melanjutkan, sesuai kategori yang disyaratkan KPU Badung, bahan pertanyaan yang boleh diajukan masyarakat ruang lingkupnya seputar upaya menyejahterakan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten dan provinsi dengan nasional, memperkokoh NKRI dan kebangsaan. Selain itu terkait kebijakan strategi penanganan, pencegahan, dan pengendalian Covid-19 yang mewabah saat ini.
Debat dijadwalkan berlasung selama dua jam, yakni pukul 18.00-20.00. Debat akan dipandu oleh Dr. Drs. AA Gede Oka Wisnumurti, M.Si, selaku moderator. Sementara untuk Tim Panelis meliputi Dr. I Gusti Agung Mas Rwa Jayantiari, SH., M.Kn, Dr. Ni Made Eka Mahadewi, M.Par., CHE., CEM, Dr. I Nyoman Mahaendra Yasa, SE., M.Si, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Rai, M.S, dan Dr. Ni Luh Riniti Rahayu M.Si.
Di tengah pandemi Covid-19, pendukung paslon tak berkesempatan menghadiri pelaksanaan debat terbuka tersebut. Yang boleh hadir pada saat debat terbuka hanya paslon, dua orang dari perwakilan Bawaslu Provinsi Bali dan Bawaslu Badung, empat orang tim kampanye paslon. Pada saat pelaksanaan debat terbuka juga wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes), seperti wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan, wajib mencuci tangan dengan sabun atau memenuhi ketentuan penanganan Covid-19. Namun debat terbuka akan disiarkan secara langsung melalui TVRI, RRI Denpasar, dan live streaming di channel youtube KPU Badung.
Adapun debat terbuka dijadwalkan berlangsung tiga kali. KPU Badung masih mencari hari baik untuk melaksanakan debat terbuka kedua dan ketiga. “Setelah debat yang pertama,  kami masih mencari hari baik untuk melaksanakan debat terbuka selanjutnya,” tutup pria asal Banjar Cabe, Darmasaba ini.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news