Jumat, 04 Dec 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Taat Prokes, Empat Desa di Klungkung Bebas Covid-19  

24 Oktober 2020, 08: 31: 16 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Taat Prokes, Empat Desa di Klungkung Bebas Covid-19     

BIASA : Kebiasaan mencuci tangan sebelum melakukan kegiatan, kini sudah menjadi kebiasaan warga di Klungkung untuk mencegah penularan virus Covid-19. (istimewa)

Share this      

KLUNGKUNG, BALI EXPRESS - Empat desa di Kabupaten Klungkung, dinyatakan bebas dari penularan Covid-19. Keempatnya adalah Kampung Gelgel di Kecamatan Klungkung, Desa Tohpati di Kecamatan Banjarangkan, Desa Jungutbatu dan Desa Sakti di Nusa Penida.

Keempat desa ini dinilai aktif dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes). Kadis Kesehatan Klungkung, dr Ni Made Adi Swapatni, menyampaikan, hampir tujuh bulan masa pandemi berlangsung, empat desa tersebut sampai saat ini warganya terbebas dari penyebaran Covid-19.

“Saat ini Nusa Penida tren naik kasusnya. Tapi dari 16 desa, ada dua desa yang nihil kasus,” ungkap Adi Swapatni, Jumat (23/10).

Kabupaten Klungkung menyandang status orange dalam penyebaran Covid-19. Namun situasi ini bukan menjadi jaminan Klungkung bisa serta merta berada di level hijau. Ketaatan masyarakat menerapkan protokol kesehatan menjadi penentu semuanya.

Menurutnya, desa lain bisa mencontoh bagaimana di empat desa tersebut, warganya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Termasuk peran satgas di ke empat desa tersebut, bisa dijadikan contoh dalam menekan penyebaran Covid-19.

Adi Swapatni mengatakan, guna mempertahakan status ke empat desa tersebut bebas Covid-19, ia mengingatkan satgas, tokoh masyarakat, Satgas Gotong-royong di empat desa tersebut terus meningkatkan pengawasan, pemahaman kepada warga akan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Saya tekankan kembali agar satgas di desa, tokoh masyarakat dan Satgas Gotong-royong terus meningkatkan perannya dalam menekan penyebaran Covid-19,” ujar pejabat asal Gianyar ini. 

Ia menambahkan, upaya-upaya satgas di kabupaten juga terus menggalakkan langkah-langkah promotif dengan gencar melakukan sosilisasi. Selain itu, satgas melakukan disinfeksi secara berkala dan upaya kuratif dengan menyiapkan sarana prasarana untuk penanganan Covid-19.

Saat ini berdasarkan data, di Klungkung masih dirawat 47 orang positif Covid-19 dengan angka total positif sebanyak 806 dan sudah sembuh sebanyak 745 dan meninggal 14 orang.

(bx/wan/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news