Jumat, 04 Dec 2020
baliexpress
Home > Bali Under The Moon
icon featured
Bali Under The Moon

Sosialisasikan 3M, Polres Buleleng Angkat Lakon Raja Panji Sakti

01 November 2020, 10: 39: 19 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Sosialisasikan 3M, Polres Buleleng Angkat Lakon Raja Panji Sakti

SOSIALISASI : Pementasan Sendratari dengan Lakon Raja Panji Sakti dipilih oleh Polres Buleleng untuk mensosialisasikan 3M di Pantai Binaria, Lovina, Jumat (30/10) sore. (Putu Mardika/Bali Express)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS-Ada yang menarik dalam sosialisasi 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) yang dilakukan jajaran Polres Buleleng. Salah satunya dengan mengangkat kisah kepahlawanan Raja Panji Sakti yang memimpin pasukannya dalam tradisi Magoak-goakan dalam sebuah garapan Sendratari.

Sosialisasi yang digelar di Pantai Binaria, Lovina, Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng ini dihadiri langsung Kapolres Buleleng, AKBP Sinar Subawa, akhir pekan kemarin. Bahkan, acara ini dilombakan dengan melibatkan tim penilai dari Polda Bali.

Dalam lakon tersebut, Kabag Ops Polres Buleleng Kompol A.A. Wiranata Kusuma, mendapat peran menjadi Raja Panji Sakti. Ia memimpin pasukannya dalam kegiatan Magoak-goakan sebelum menyerang musuh.

Dikisakan banyak permintaan yang diminta pasukan Goak untuk dapat melawan dan mencegah musuh yang tidak terlihat. Sang Raja pun menerima permintaan pasukan Goak untuk bekal melawan musuh yang tidak terlihat.

Permintaan pasukan Goak yang pertama adalah masker untuk menutupi hidung, mulut, dan dagu. Permintaan yang kedua adalah menggunakan handsanitizer untuk melindungi tangan dari serangan musuh yang tidak terlihat, yaitu Virus Korona (Covid-19).

Permintaan pasukan Goak diterima Sang Raja.  Dan, disarankan juga untuk memberikan masker serta handsanitizer kepada masyarakat Buleleng. Bahkan, Raja berpesan kepada pasukan Goak dan seluruh masyarakat Buleleng, untuk selalu menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir serta selalu menjaga jarak saat berkerumun. Tujuannya adalah untuk mencegah mewabahmya virus Korona.

Permintaan terakhir pasukan adalah sembako. Karena situasi Covid-19 membuat ekonomi lesu. Sehingga Sang Raja membagikan sembako tidak hanya  kepada pasukan Goak, namun juga kepada masyarakat Buleleng yang terdampak.

Ditemui seusai menyaksikan sendratari, Kapolres Buleleng, AKBP Sinar Subawa, sengaja memilih sendratari dengan mengangkat kisah Raja Panji Sakti bersama Pasukan Goak dalam mensosialisasiakn 3M. Sehingga pesan tersebut lebih mengena dan bisa dilaksanakan masyarakat.

“Memang pesan 3M ini dikemas agar menarik perhatian masyarakat. Sehingga bisa mengedukasi agar tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sehingga masyarakat bisa terbebas dari ancaman Covid-19,” singkatnya.

(bx/dik/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news