Jumat, 04 Dec 2020
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

Target Menangkan Pilkada, Demokrat Gelar Rakorda

03 November 2020, 21: 35: 42 WIB | editor : Nyoman Suarna

Target Menangkan Pilkada, Demokrat Gelar Rakorda

RAKORDA: Jajaran DPD Partai Demokrat Bali bersama dengan sejumlah calon kepala daerah atau wakil kepala daerah yang diusung dalam pilkada di lima kabupaten/kota usai pembukaan rakorda, Selasa (3/11). (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Partai Demokrat memantapkan dirinya untuk memenangkan pasangan calon (paslon) yang didukung atau diusung dalam Pilkada di enam kabupaten/kota di Bali. Upaya itu dilakukan dengan menggelar rapat koordinasi daerah (rakorda), Selasa (3/11).

Selain menghadirkan para pengurus partai di tingkat cabang, rakorda yang dibuka Ketua DPD Partai Demokrat Bali, Made Mudarta, dihadiri sejumlah calon kepala daerah atau wakil kepala daerah yang diusung dalam pilkada nanti.

Menariknya, dari deretan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung Demokrat, hanya pasangan calon bupati dan wakil bupati Jembrana, Nengah Tamba-I Gede Ngurah Patriana Krisna (Tamba-Ipat) yang tidak terlihat hadir.

Padahal lima calon yang diusung Demokrat di lima wilayah lainnya terlihat hadir. Dari ujung timur Bali misalnya, Kabupaten Karangasem, terlihat ada calon bupati I GA Mas Sumatri.

Disusul kemudian dari Bangli ada calon bupati Sang Nyoman Sedana Arta. Kemudian Badung terlihat ada calon wakil bupati Ketut Suiasa. Lantas dari Tabanan tampak calon wakil bupati Dewa Nyoman Budiasa.

Bahkan untuk Kota Denpasar, yang hadir dalam kegiatan yang turut dihadiri perwakilan DPP Partai Demokrat malah lebih lengkap. Pasangan calonnya langsung. Gede Ngurah Ambara Putra dan Made Bagus Kertanegara.

Made Mudarta yang disinggung mengenai ketidakhadiran satupun calon yang didukung Demokrat di Jembrana itu menyebutkan, Tamba-Ipat kebetulan memiliki agenda yang berbenturan dengan pelaksanaan rakorda.

 “Memang sejak tiga hari, kami sudah kontak, tapi agendanya sangat padat. Kami priotitaskan untuk bertemu dengan rakyat. Karena suara rakyat, suara Tuhan. Ketemu Tuhan itu penting,” kata Mudarta usai membuka rakorda yang digelar di Hotel Inna Bali tersebut.

Karena itu, sambung dia, pihaknya menyampaikan kepada pihak perwakilan DPP yang hadir dalam rakorda perihal ketidakhadiran itu. “Bahwa pasangan calon Jembrana mohon izin tidak bisa hadir. Karena ada kegiatan bertemu dengan masyarakat,” sebutnya.

Disinggung mengenai upaya pemenangan di Jembrana, dia menyebutkan bahwa partai sangat optimistis merebut kemenangan di Gumi Makepung tersebut. Terlebih di atas kertas, pasangan Tamba-Ipat diperkuat dengan dukungan 14 partai politik.

 “Di atas kertas diperkuat 14 partai. Semuanya sudah kerja. Jadi di atas angin. Tapi ada 18 persen masyarakat Jembrana yang masih tergolong swing voters. Siapa yang dalam 36 hari ke depan bisa menyentuh dan menggarap 18 persen ini akan jadi pemenang,” sebutnya.

Pun demikian dengan lima kabupaten/kota lainnya. Selain Jembrana, dua wilayah lainnya dipandang perlu mendapatkan perhatian sesuai dengan hasil survei internal Demokrat, yakni Tabanan dan Kota Denpasar.

Pada saat yang sama, Demokrat juga sudah merekrut saksi-saksi yang bertugas mengawal dan mengamankan perolehan suara pasangan calon yang didukung atau diusung.

 “Tentu kami komunikasikan dengan koalisi. Untuk menyiapkan saksi-saksi yang terlatih sehingga saat nanti terpilih sebagai saksi utama atau saksi cadangan, tinggal diberikan pembekalan,” sebutnya.

Mudarta menegaskan, keberadaan saksi sangat vital. Baik sebelum maupun setelah hari coblosan. Sebelum coblosan mereka punya tugas untuk mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya. Sedangkan saat atau setelah coblosan mengamankan perolehan suara.

Jumlah saksi yang disiapkan? “Sesuai jumlah TPS di masing-masing kabupaten/kota. Satu TPS masing-masing partai satu saksi. Tinggal mana yang dominan. Misalnya Demokrat yang dominan, Demokrat menjadi saksi utamanya. Ini sedang dimantapkan dalam waktu 36 hari ke depan,” pungkasnya.

(bx/hai/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news