Kamis, 28 Jan 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Panwascam Diminta Lakukan Pengawasan Maksimal

12 November 2020, 07: 11: 32 WIB | editor : Chairul Amri Simabur

Panwascam Diminta Lakukan Pengawasan Maksimal

RAKOR : Bimbingan teknis (bimtek) sekaligus rapat kordinasi (rakor) yang digelar Bawaslu Jembrana di salah satu rumah makan di Desa Baluk, Kecamatan Negara, Rabu (11/11). (GDE RIANTORY/BALI EXPRESS)

Share this      

NEGARA, BALI EXPRESS – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) seluruh Kabupaten Jembrana ditekankan untuk maksimal dalam pelakukan pengawasan jalannya Pilkada Jembrana 2020.

Penekanan disampaikan Ketua Bawaslu Jembrana Pande Made Ady Muliawan saat menggelar bimbingan teknis (bimtek) sekaligus rapat kordinasi (Rakor), di salah satu rumah makan di Desa Baluk, Kecamatan Negara, Rabu (11/11).

Dalam rakor yang diikuti 20 orang terdiri dari Ketua, Anggota Panwascam, serta seorang staf Sekretariat Panwascam dari lima kecamatan di Jembrana itu, Pande juga menegaskan bahwa selain memaksimalkan pengawasan, seluruh jajaran Panwascam juga diminta bekerja profesional serta independen karena tantangan kedepan semakin komplek.

Dia menambahkan, pengawasan tidak saja terkait alat peraga kampanye (APK) dalam tahapan kampanye, namun juga saat pendistribusian logistik. Terlebih sejumlah logistik Pilkada Jembrana 2020 sudah datang.

"Saat ini proses pengadaan logistik sudah mulai. Melalui kegiatan ini, mereka (Panwascam) kami siapkan untuk bisa melakukan pengawasan lebih maksimal,” ujarnya.

Untuk logistik, sambungnya, pihaknya tidak hanya melakukan pengawasan saat logistik datang saja. Namun hal yang sama sudah dilakukan dari proses persiapan, pengiriman, hingga tiba di tujuan yakni desa atau kelurahan. Bahkan sampai di tempat pemungutan suara (TPS).

“Dengan kegiatan rakor, Panwascam tahu akan tugasnya dan bisa maksimal dalam bekerja,” tandasnya.

Dalam melakukan pengawasan pihaknya sebenarnya berbagi yang sifatnya koordinasi. Namun melalui bimtek dan rakor diharapkan mereka (Panwascam) akan tahu tugasnya masing-masing khususnya terkait logistik.

"Untuk Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) nanti Panwascam yang akan memberikan bimtek, begitu selanjutnya sehingga mereka tahu dan paham akan tugasnya,” imbuhnya.

Pande menjelaskan kegiatan bimtek atau rakor yang dilakukan hari ini merupakan yang keenam kalinya. Namun kegiatan hari ini khusus terkait logistik Pilkada Jembrana karena pengawasan dilakukan hingga ke TPS.

“Jadi ranah Panwascam hingga ke TPS termasuk juga PKD. Jadi semua kegiatan (Pilkada) diawasi sesuai tupoksi,” pungkasnya.

(bx/tor/hai/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news