Jumat, 04 Dec 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Desa Pelaga Diguyur Hujan Es, Belum Ada Laporan Kerusakan

19 November 2020, 18: 49: 35 WIB | editor : Nyoman Suarna

Desa Pelaga Diguyur Hujan Es , Belum Ada Laporan Kerusakan

HUJAN ES: Butiran es yang jatuh di halaman rumah warga, di kawasan Pelaga, Petang, Kamis (19/11) siang. (ISTIMEWA)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS  -  Warga di kawasan Desa Pelaga, Kecamatan Petang dikejutkan dengan fenomena hujan es, Kamis (19/11) siang. Layaknya krikil kecil, butiran es berjatuhan di sela hujan yang disertai angin. Namun, hingga sore belum ada laporan dampak serius akibat fenomena tersebut.
Hujan es dirasakan oleh warga di Banjar Tinggan dan Banjar Pelaga, Desa Pelaga. Salah satu warga Pelaga, I Wayan Arsa mengaku, sebelum butiran es berjatuhan, awalnya terjadi hujan lebat disertai angin. “Kejadiannya sekitar pukul satu siang. Hujan lebat disertai angin. Nah, sekitar pukul setengah dua, mulai berjatuhan es,” tuturnya.
Sekitar 30 menit berlangsung, fenomena itu pun terhenti. Hanya saja, warga tak heran dengan fenomena ini. Sebab hujan es sudah pernah terjadi beberapa kali di wilayah Pelaga. Namun, di era media sosial saat ini tetap menarik didokumentasikan, sehingga beberapa warga menyempatkan mengambil video.
Sementara itu, Pj. Perbekel Pelaga I Made Sandu yang dikonfirmasi terpisah, membenarkan telah terjadi hujan es di wilayah Desa Pelaga. “Iya benar, tadi sempat terjadi hujan es yang disertai angin kencang,”katanya.
Namun, pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan yang diakibatkan oleh hujan es tersebut. Sebab butiran es yang jatuh tak begitu besar. Kebanyakan juga langsung pecah ketika menghantam genteng atau halaman. “Butiran es yang jatuh langsung pecah, belum ada laporan kerusakan bangunan atau rumah warga,” tandas Sandu.
Sekadar informasi, hujan es adalah fenomena alami yang terjadi di daerah tropis. Es terbentuk dari pembekuan uap air. Sementara butiran yang jatuh merupakan kondensasi air hujan yang menggumpal.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news