Jumat, 04 Dec 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Hasil Rapid Test Reaktif, Belasan KPPS Karangasem Diganti

19 November 2020, 19: 37: 24 WIB | editor : Nyoman Suarna

Hasil Rapid Test Reaktif, Belasan KPPS Karangasem Diganti

RAPID TEST: Salah seorang staf KPU Karangasem saat dirapid test (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – KPU Karangasem langsung bergerak cepat, mengganti belasan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang hasil rapid test-nya reaktif. Berdasarkan hasil rapid test terhadap 10.063 orang, 10-19 November, diketahui 28 orang hasilnya reaktif.

Dari jumlah itu, 11 orang di antaranya dinyatakan sehat setelah dilakukan rapid test kedua pasca hasil tes pertama keluar. Sementara itu, 17 orang lagi terpaksa diganti petugas lain lantaran hasil rapid test kedua masih reaktif.

Ketua KPU Karangasem Ngurah Gede Maharjana mengatakan, PPS sudah menyiapkan petugas pengganti bagi belasan petugas KPPS tersebut. Seleksi dilakukan sesuai prosedur yang sama seperti perekrutan petugas sebelumnya di tingkat desa.

"Setelah dicek sesuai syarat, ini dianggap layak. Setelah dapat pengganti, kami juga rapid test lagi dan sudah di SK-kan. PPS sudah koordinasi dengan kepala desa," jelas Maharjana, Kamis (19/11).

Dia menyebut, belasan KPPS yang diganti sudah dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Covid-19 Karangasem, seperti apa tindaklanjutnya. Kemudian belasan orang ini disarankan menjalani isolasi mandiri hingga swab test.

 "Untuk yang reaktif ini, kami koordinasi dengan satgas Covid-19 di desa masing-masing. Bahkan seperti di Tumbu juga diganti bukan karena rapid test, tetapi karena kecelakaan. Jadi tidak bisa melanjutkan tugas," imbuh Maharjana.

Pihaknya mengaku akan terus memantau perkembangan para petugas KPPS yang terpilih ini. Mereka mulai bekerja 24 November mendatang. Selama itu, KPU Karangasem juga memantau dan memastikan kesehatan petugas terjaga. "Terkait rapid test menjelang pemilihan, mungkin kami perlu lihat situasi dan kondisinya nanti. Sementara kami pastikan dulu kesehatan petugas," tukasnya.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news