Jumat, 04 Dec 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Hari Kedua Pelipatan, 360 Surat Suara Rusak

19 November 2020, 21: 48: 32 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Hari Kedua Pelipatan, 360 Surat Suara Rusak

SURAT : Ketua KPU Jembrana Ketut Gde Tangkas Sudiantara menunjukkan surat suara rusak, Kamis (19/11). (Gde Riantory/Bali Express)

Share this      

NEGARA, BALI EXPRESS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jembrana sejak Rabu (18/11) melakukan pelipatan sekaligus menyortir surat suara Pilkada Jembrana 2020, melibatkan warga sekitar.

Kegiatan dilakukan di gedung Damuh Resto di Jalan Sandat, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, yang merupakan bangunan yang disewa KPU Jembrana untuk menyimpan logistik.

Ketua KPU Jembrana Ketut Gde Tangkas Sudiantara mengatakan, pelipatan dan penyortiran sudah memasuki hari kedua. Dari total 91.771 surat suara yang sudah disortir, ditemukan 360 surat suara rusak seperti bercak noda, salah potong, dan gambar pasangan calon (paslon) tembus hingga ke belakang. Sedangkan yang kondisinya baik dan sudah dilipat sebanyak 91.411 surat suara.

"Surat suara yang rusak nanti diganti oleh pihak percetakan PT Temprina. Saya sudah komunikasikan. Diganti nanti setelah pelipatan dan sortir selesai semua," ujarnya.

Dijelaskan Tangkas, pada hari pertama pelipatan dan sortir surat suara yang melibatkan 21 orang tenaga, pihaknya menemukan 91 surat suara rusak dan 29.781 surat suara baik. Sedangkan di hari kedua, tenaga kerja yang dilibatkan sebanyak 24 orang, ditemukan  269 surat suara rusak, 61.630 dalam kondisi baik.

Menurutnya, selama tiga hari kedepan, mulai Jumat (20/11), kegiatan pelipatan dan sortir surat suara diliburkan. Kegiatan akan dimulai lagi, Senin (23/11) pekan depan. Pasalnya, semua komisioner KPU Jembrana akan disibukkan dengan kegiatan mempersiapkan debat paslon kedua, 21 November mendatang.

"Kami liburkan karena tidak ada yang mengawasi," pungkas Tangkas yang juga selaku Divisi Keuangan, Umum dan Logistik. 

(bx/tor/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news