Jumat, 04 Dec 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Soal RUU Larangan Mikol, Wabup Kasta Semangati Perajin Arak

20 November 2020, 19: 35: 05 WIB | editor : Nyoman Suarna

Soal RUU Larangan Mikol, Wabup Kasta Semangati Perajin Arak

ARAK : Wakil Bupati I Made Kasta mengunjungi tempat pembuatan arak di Desa Besan. (HUMAS PEMKAB KLUNGKUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

KLUNGKUNG, BALI EXPRESS - Di tengah mencuatnya Rancangan Undang-Undang Larangan Minuman Beralkohol (Mikol), Wakil Bupati (Wabup) Klungkung I Made Kasta mengunjungi perajin arak di Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (20/10). Salah satu yang dikunjungi adalah Ni Nengah Puspawati,32.

Kasta menyemangati perajin yang mulai khawatir akan kehilangan penghasilan apabila RUU Larangan Mikol tersebut disahkan.

Puspawati merupakan salah satu dari sekian warga yang menekuni pembuatan arak di Desa Besan. Puspawati menegaskan, pendapatan dari penjualan arak merupakan penghasilan utama keluarganya, di samping aktif sebagai dagang canang dan buruh bangunan. Dia yang sudah 17 tahun menjadi perajin arak, tetap mempertahankan proses pembuatan arak dengan cara-cara tradisional. Pun demikian dengan sarana lainnya. Puspawati tetap menggunakan kayu bakar dan jalikan. Pelanggannya tidak sebatas warga Klungkung, tetapi juga ada di Gianyar, Denpasar, hingga Tabanan.

Setelah mengetahui RUU Larangan Mikol tersebut, ibu dengan dua anak ini berharap pemerintah bisa memberikan solusi agar ia  tidak kehilangan mata pencaharian,  apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19. “Semoga pemerintah pusat bisa memberikan solusi,” harapnya.

Sama halnya dengan Puspawati, Kasta juga berharap ada solusi di balik RUU Larangan Mikol tersebut. Sehingga masyarakat yang sudah bertahun-tahun menekuni pembuatan arak dan menjadikannya penghasilan utama keluarga,  tidak tersingkir begitu saja. “Tetap jaga semangat yang tinggi, meskipun ada RUU Larangan Mikol. Semoga pemerintah pusat memberikan kebijakan agar masyarakat tidak kehilangan pekerjaannya,” ujar Kasta.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news