Selasa, 24 Nov 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Tingkatkan Imun dan Energi, Buleleng Harmony Produksi Sirup Herbal

22 November 2020, 06: 00: 59 WIB | editor : Nyoman Suarna

Tingkatkan Imun dan Energi, Buleleng Harmony Produksi Sirup Herbal

EMPON-EMPON : Gus Yogi dari Buleleng Harmony (Bulhar) Bugar Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng membuat sirup herbal yang berbahan utama empon-empon, rempah dan buah segar. (DIAN SURYANTINI FOR BALI EXPRESS)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS - Pada situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, menjaga kesehatan merupakan hal yang utama. Salain taat terhadap protokol kesehatan (prokes) untuk cari aman, meningkatkan imun tubuh dan memenage energi untuk tetap fit juga harus dilakukan (imun). Dan yang tak boleh dilupakan adalah menjaga iman dengan sembahyang dan berdoa.

Untuk menjaga imun, ada berbagai minuman dan makanan yang dapat digunakan.  Gus Yogi dari Buleleng Harmony (Bulhar) Bugar Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, misalnya, membuat sirup herbal yang berbahan utama empon-empon, rempah dan buah segar. Semua bahan dicampur menjadi satu, kemudian disuling. Penyulingan dilakukan untuk mendapatkan sari muniment yang nantinya akan dikonsumsi. “Cara buatnya, difermentasi dulu selama 14 hari. Setelah itu baru proses penyulingan. Satu kali aja. Baru bisa dikonsumsi,” tuturnya.

Gus Yoga menjelaskan cara mengkonsumsi minuman herbal ini. Sirup fermentasi herbal ini harus dikonsumsi dengan dicampur air hangat. Sirup ini dapat dikonsumsi secara rutin tiga kali seminggu. “Cara minumnya dicampur air hangat. Perbandingannya satu gelas air hangat dicampur dengan tiga tutup botol sirup herbal,” jelasnya.

Manfaat yang didapat saat mengkonsumsi sirup herbal ini yakni dapat menambah energi, meningkatkan imun tubuh, membantu proses diet, membantu mengurangi keluhan asam urat, mengatasi gangguan pencernaan, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kesehatan jantung serta memperlancar siklus menstruasi.

Seperti diketahui, empon-empon sebagai bahan herbal memiliki manfaat nutuk meningkatkan metabolisme tubuh. Empon-empon sendiri terdiri dari banyak bahan rempah seperti jahe yang memiliki kandungan vitamin B5 dan B6, vitamin C, potasium, gengerol dan megnesium. Selain jahe juga ada temulawak yang memiliki kandungan antijamur dan antibakteri. Selanjutnya ada kunyit yang mempunyai kandungan kurkumin sebagai antioksidan yang dapat mengurangi peradangan. Bahan lainnya adalah kencur yang bermanfaat nutuk mencegah radikal bebas seria kandungan asam jawa yang ampuh menyembuhkan flu dan batuk.

(bx/dhi/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news