Selasa, 24 Nov 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Dua Hari Pasca Melahirkan, Seorang Ibu Terkonfirmasi Positif Covid-19

22 November 2020, 06: 00: 59 WIB | editor : Nyoman Suarna

Dua Hari Pasca Melahirkan, Seorang Ibu Terkonfirmasi Positif Covid-19

ILUSTRASI (DOK. JAWA POS)

Share this      

KARANGASEM, BALI EXPRESS – Satu keluarga di salah satu desa di Kecamatan Abang, Karangasem, telah menjalani karantina mandiri. Itu dilakukan pasca salah seorang ibu yang baru dua hari usai melahirkan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Hasil itu diketahui dari swab test kedua yang dijalani ibu tersebut.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karangasem pun membenarkan adanya seorang ibu di Kecamatan Abang, Karangasem yang dinyatakan positif Covid-19, beberapa hari setelah melahirkan. Bahkan yang bersangkutan telah dirujuk ke rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

Informasi yang dihimpun, pasien dinyatakan terkonfirmasi setelah melahirkan. Sebelum menjalani persalinan, tim medis memang sempat melakukan rapid test pada ibu tersebut. Saat itu hasilnya ternyata reaktif. Karena itu, tim medis mengambil langkah swab test, dan syukurnya hasil swab test ibu tersebut keluar 14 November dengan hasil negatif.

Dengan hasil negatif, tim medis pun melakukan persalinan dengan operasi cesar. Selanjutnya ibu tersebut melahirkan anak keduanya dengan selamat. Bahkan bayinya lahir sehat dengan berat 3,3 kg.

Proses persalinan usai, pasien kembali di swab test untuk kedua kalinya. Mengejutkan, hasil swab test yang kedua keluar dengan keterangan positif Covid-19. Hingga akhirnya satu keluarga itu menjalani karantina mandiri. Bahkan informasi itu langsung ditindaklanjuti Dinas Sosial dan aparat desa setempat, dengan memberikan bantuan kepada keluarga itu untuk kebutuhan sehari-hari selama menjalani karantina.

Koordinator Bidang Kesehatan GTPP Covid-19 Karangasem, dr. Gusti Bagus Putra Pertama, mengakui ada seorang ibu terkonfirmasi Covid-19 di Kecamatan Abang. Meski begitu, dirinya enggan merinci kronologisnya. Hasil itu menambah kasus Covid-19 di Karangasem yang mengalami peningkatan. Kasus transmisi lokal baru tercatat tersebar di beberapa desa.

Data GTPP Covid-19 Karangasem, Jumat (20/11) merinci, kasus terkonfirmasi positif mencapai 1.006 kasus. Sekitar 932 kasus dinyatakan sudah sembuh, 50 orang meninggal dunia, serta masih perawataan sekitar 24 orang. Sedangkan kasus probable 256 kasus, sembuh sekitar 197 kasus, dan meninggal 57 orang.

Pihaknya mengimbau seluruh warga Karangasem agar selalu disiplin menerapkan prokes untuk menekan penyebaran Covid-19. Seperti wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun, wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan minimal 1 meter serta terpenting terapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news