Kamis, 28 Jan 2021
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis

Berpacu Waktu, Dispar Badung Genjot Pencairan Hibah Pariwisata

27 November 2020, 05: 40: 26 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Berpacu Waktu, Dispar Badung Genjot Pencairan Hibah Pariwisata

Pelaksana Tugas (Plt) Kadispar Badung Cokorda Raka Darmawan (istimewa)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS-Ratusan pengusaha hotel dan restoran di Badung telah menerima kucuran hibah pariwisata dari pemerintah pusat.

Pencairan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Badung secara bertahap. Organisasi Perangkat Daerah terkait berupaya bekerja cepat dengan memperhatikan aturan yang ada, sesuai arahan Pjs Bupati Badung, I Ketut Lihadnyana beberapa waktu lalu.

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Badung, hingga Rabu (25/11) sudah ada 184 hotel dan restoran yang telah menerima hibah tersebut.

“Datanya terus bergerak tapi hingga kemarin (Rabu), sudah ada 184 hotel dan restoran yang sudah menerima bantuan hibah pariwisata dari pemerintah pusat,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kadispar Badung Cokorda Raka Darmawan, Kamis (26/11) kemarin.

Namun, berdasarkan data sebelumnya, ada ribuan hotel san restoran yang dinyatakan lolos persyaratan. Sehingga masih banyak pelaku usaha yang belum menerima dana hibah pariwisata itu. 

Dana hibah pariwisata baru bisa cair jika pelaku usaha melengkapi persyaratan yang ditentukan sesuai petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat.

“Sekarang ini setiap hari kita layani mereka sampai lewat jam kantor. Siapa yang berkasnya sudah lengkap, itu yang kita proses pencairannya,” jelas Asisten III Bidang Administrasi Umum itu.

Seperti kemarin, proses pencairan masih terus dilayani pihaknya. Sementara, total anggaran yang sudah dicairkan kepada 184 hotel dan restoran tersebut, menurut Cok Darmawan sebesar Rp 218 Miliar.

“Hari ini (kemarin) juga kami masih berproses pencairannya. Jadi begitu syarat lengkap langsung kami proses pencairannya, sehingga tidak menunggu yang lainnya lengkap dulu,” imbuhnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Badung sudah menetapkan 1.065 hotel dan 345 restoran sebagai penerima hibah pariwisata dari pemerintah pusat. 

Pelaku usaha yang menerima bantuan hibah pariwisata tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Badung Nomor 67/054/HK/2020 tentang Penetapan Hotel dan Restoran Penerima Hibah Pariwisata Tahun Anggaran 2020.

Pemkab Badung pun mempersilakan para penerima agar segera mengurus berkas kelengkapan administrasi, sehingga hibah bisa segera dicairkan.

Kabupaten Badung mendapat 'jatah' hibah paling besar tinimbang kabupaten dan kota lainnya di Bali, yakni Rp 948 Miliar lebih. Dari total dana tersebut, 70 persen dialokasikan ke pengusaha hotel dan restoran. Sisanya ke Pemkab Badung. Namun, karena waktu pemanfaatannya yang tergolong pendek, yakni Desember depan, Dinas Pariwisata pun dituntut bekerja ekstra. 

Menariknya, untuk hotel paling banyak menerima hibah Rp 16 Miliar dan paling sedikit menerima Rp 182 ribu. Sedangkan restoran paling besar Rp 5,4 Miliar.

(bx/adi/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news