Rabu, 20 Jan 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Desa Kedewatan Fasilitasi Les Gratis Siswa Kelas 6 SD 

01 Desember 2020, 17: 51: 35 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Desa Kedewatan Fasilitasi Les Gratis Siswa Kelas 6 SD 

PERBEKEL : Perbekel Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede Rai Dharmanta. (Putu Agus Adegrantika/Bali Express)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS – Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar yang kini dipimpin Perbekel I Dewa Gede Rai Dharmanta terus berupa melakukan perbaikan. 

Dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, Dewa Gede Rai Dharmanta memiliki visi dan misi untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat setempat. Sehingga dalam langkahnya ia dapat membangun sumber daya manusia yang ada dengan maksimal.

Disebutkannya, dalam gebrakannya yang baru, akan lebih mementingkan sumber daya manusia dari pada pembangunan secara fisik. Sebab, ketika sumber daya manusia yang berkualitas dimiliki, untuk membangun secara fisik tidaklah sulit. “Ini sebagai  langkah saya memajukan mensejahterakan warga Desa Kedewatan,” jelasnya, Selasa (1/12).

Membangun sumber daya manusia yang berkualitas, dilakukannya dengan memperhatikan dari bidang pendidikan siswa yang ada di desa. Salah satunya dengan pemberian les gratis kepada siswa kelas 6 se-Desa Kedewatan. Namun, pelaksanaannya tetap di sekolah masing-masing, hanya saja difasilitasi dari anggaran desa.

Kenapa hanya gratis untuk siswa kelas 6 saja? " Mereka, siswa kelas 6 akan melakukan ujian untuk melanjutkan ke jenjang SMP. Makanya kami fokuskan kepada siswa kelas 6 digratiskan mengikuti les di sekolah masing-masing,” sambungnya.

Dharmanta menambahkan, selain pelaksanaan les gratis, pihaknya di desa juga sering memberikan penghargaan kepada siswa sekolah dasar yang nilai raportnya bagus.  Itu dilakukan guna menunjang prestasi siswa yang ada, agar tetap dipertahankan pada jenjang selanjutnya. Penghargaan itu pun berupa hadiah yang sebagian besar merupakan alat tulis maupun alat belajar lainnya.

Selain itu, untuk program yang dilakukannya secara rutin adalah menyambangi masing-masing banjar di Kedewatan. Ia menyampaikan program, menjelaskan APBDes, dan manajemen pemerintahan desa. Tidak luput juga dalam menyambangi banjar-banjar, ia selalu ingin mendapatkan masukan maupun usulan dari krama.

“Kalau istilahnya ini adalah serap aspirasi, apa yang kita sudah lakukan di desa dan apa yang akan kita kerjakan. Selain itu, kita juga memberikan suatu nasihat kepada warga supaya tidak mengutamakan membangun fisik. Sebab kita sedang utamakan bidang pendidikan, dan peeningkatan sumber daya mabusia (SDM). Ketika SDM sudah berkualitas membangun bale banjar, pura dan lain sebagainya saya rasa tidak akan sulit,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin meningkatkan SDM supaya dapat bekerja sesuai dengan keahliannya. “Ketika SDM bagus otomatis akan adanya usaha kecil akan siap, dan siap menjadi tenaga kerja profesional bukan  pekerja 'lokal boy'. Sementara untuk lansia kita rutin ada pemberian sembako. Untuk lansia berumur 60 tahun ke atas, sebab lansia perlu juga kita perhatikan khusus,” tandas Dharmanta.  

(bx/ade/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news