Kamis, 28 Jan 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Mall Pelayanan Publik Tabanan Tunggu Keputusan Kemenpan-RB 

01 Desember 2020, 21: 09: 53 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Mall Pelayanan Publik Tabanan Tunggu Keputusan Kemenpan-RB 

Kepala DPMPPTSP Tabanan I Made Sumerta Yasa. (Dewa Rastana/Bali Express)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Berbagai persiapan terus dilakukan dalam rangka pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Tabanan.

Bahkan, kini tengah menunggu keputusan penetapan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB) 

Kepala DPMPPTSP Tabanan I Made Sumerta Yasa, mengatakan, menurut pasal 4 ayat 1 Permenpan RB Nomor 23 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP) disebutkan, MPP diselenggarakan oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yg melaksanakan tugas di bidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu. 

Dimana diperdalam lagi dalam pasal 7 ayat 1, yakni OPD yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu sebagaimana dimaksud pada pasal 4 ayat 1 menyediakan gedung dan sarana prasarana atau fasilitas.

"DPMPPTSP sifatnya sebagai koordinator pelaksanaaan MPP serta penanggung jawab fasilitas dan gedung," ujarnya, Selasa (1/12).

MPP Kabupaten Tabanan rencananya akan dibuka di Museum Sagung Wah yang berlokasi di sebelah selatan Taman Kota Tabanan yang kini diberi nama Taman Bung Karno. 

Menurutnya, MPP ini merupakan terobosan pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik. Nantinya di dalam MPP akan terintegrasi layanan publik terkait jasa, barang dan layanan administrasi. Tidak hanya layanan dari instansi pemerintah, juga akan ada layanan BUMD hingga swasta.

"Artinya di dalam MPP ini seluruh kegiatan layanan perizinan dan non perizinan bisa didapatkan oleh masyarakat, sehingga akan lebih efektif dan efisien," tegasnya.

Berbagai persiapan terus dilakukan, sampai nanti MPP siap diluncurkan secara resmi. Yang kini secara umum telah berjalan 70 persen. Saat ini pihaknya tengah menyiapkan nota kesepahaman (MoU) dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tabanan yang menyelenggarakan pelayanan publik, juga akan menggelar rapat terlebih dulu. "Kita juga masih menunggu kesepakatan  atau penetapan keputusan dari Menpan-RB," tandasnya. 

(bx/ras/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news